Satgas ODC Tembak Mati Pentolan KKB Abubakar Kogoya di Tembagapura

Ilustrasi

TIMIKA | Pentolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang bernama Abubakar Kogoya alias Kuburan, dilaporkan tewas bersama seorang pengikutnya usai dilumpuhkan aparat gabungan dari Satgas Operasi Damai Cartenz (ODC), Kamis (4/4/2024).

Berdasarkan data yang dihimpun media ini, Abubakar Kogoya bersama seorang pengikutnya dilumpuhkan setelah diketahui keberadaanya oleh Satgas Operasi Damai Cartenz di Kali Kuluk kawasan Mile Point 69, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Kali Kuluk merupakan kawasan yang dijadikan masyarakat sebagai tempat aktivitas pendulangan emas secara tradisional dan berada di kawasan operasional PT Freeport Indonesia (PTFI).

Setelah dilumpuhkan, aparat gabungan langsung menuju lokasi dan memastikan bahwa yang ditargetkan adalah benar Abubakar Kogoya bersama seorang pengikutnya, berikut diamankan juga barang bukti berupa pistol jenis Sig Sauer.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada keterangan resmi yang dikeluarkan pihak Operasi Damai Cartenz, meski upaya konfirmasi telah dilakukan awak media ini kepada Kaops Damai Cartenz Kombes Pol Faizal Rahmadhani maupun Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno.

Abubakar Kogoya menjadi buronan aparat keamanan lantaran terlibat serangkaian aksi kriminal berupa penyerangan bersenjata di tahun 2020, salah satunya penyerangan kantor Freeport Indonesia di Kuala Kencana yang menewaskan seorang karyawan berkembangsaan Selandia Baru hingga teror-teror penembakan di kawasan Tembagapura.

penulis : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *