SD Inpres di Kwamki Narama Laksanakan ANBK Secara Mandiri

SD Inpres di Kwamki Narama Laksanakan ANBK Secara Mandiri
Siswa mengikuti ANBK di SD INpres Kwamki I di Distrik Kwamki Narama, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah. (Foto: Ist)

TIMIKA | SD Inpres Kwamki I, Distrik Kwamki NaramaMimika, Papua Tengah melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) secara mandiri di sekolahnya, mulai Senin (23/10/2023) hingga Selasa (24/10/2023).

ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan, dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Kepala SD Inpres Kwamki Narama, Salomina Rumainum mengatakan, ANBK ini dilaksanakan serentak secara nasional dengan mengikuti jadwal yang ditentukan dari kementerian.

ANBK ini yang kedua kali dilaksanakan secara mandiri di SD Inpres Kwamki Narama.

Salomina mengatakan, ANBK ini ada yang dilaksanakan secara offline maupun online. Di sekolah ya, dilaksanakan secara online meski terkadang ada kendala jaringan internet.

“Di sini kita online, hanya kadang jarigan mandet,” katanya saat diwawancara di sekolahnya, Selasa (24/10/2023),

Untuk kelengkapan perlatan, Salomina mengungkap sekolahnya mendapat bantuan 15 unit notebook dari Kemendikbud.

Sehingga untuk 30 siswa di kelas 5 dilaksanakan asesmen dalam dua sesi, masing-masing sesi diikuti 15 siswa.

Lanjutnya, di SD Inpres sendiri belum ada pelajaran tambahan komputer bagi siswa.

Tetapi menurutnya anak-anak cukup baik dalam mengikuti asesmen, ini karena sebelum pelaksanaan asesmen ada persiapan yang dilaksanakan simulasi dan gladi selama 3 minggu sampai 1 bulan.

Guru-guru dan pengawas ANBK di sekolahnya juga mengikuti pelatihan baik di tingkat kabupaten sampai nasional.

“Mungkin ada sedikit kelemahan kita maklumi untuk anak-anak pinggiran di Kwamki Narama jika dibanding dengan anak-anak di kota. Tapi secara keseluruhan mereka bisa mengikuti dengan baik,” ungkapnya.

Ini tentu tidak terlepas dari guru-guru dan pengawas yang mendampingi anak-anak saat ANBK berlangsung.

penulis : Anya Fatma
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *