Sekelompok Warga Kembali Serang Tempat Usaha di Depan Lapangan Jayanti Timika

RESPON | Aparat keamanan merespon ke lokasi kejadian aksi penyerangan sekelompok warga terhadap tempat usaha milik warga lainnya di depan Lapangan Jayanti, Sempan, Jalan Yos Sudarso, Mimika, Papua. (Foto: Saldi Hermanto/Seputarpapua)
RESPON | Aparat keamanan merespon ke lokasi kejadian aksi penyerangan sekelompok warga terhadap tempat usaha milik warga lainnya di depan Lapangan Jayanti, Sempan, Jalan Yos Sudarso, Mimika, Papua. (Foto: Saldi Hermanto/Seputarpapua)

TIMIKA | Sekelompok warga yang diketahui berasal dari area belakang Lapangan Jayanti, Sempan, melakukan penyerangan terhadap sejumlah tempat usaha milik warga di depan Lapangan Jayanti, Jalan Yos Sudarso, Mimika, Papua, Sabtu (20/11/2021).

Aksi penyerangan secara tiba-tiba itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIT dan merusak tempat usaha milik warga lainnya seperti bengkel Azka Jaya Motor, warung ikan bakar Jayanti, tempat servis elektronik Cahaya Teknik dan satu kios serta dua petakan tempat tinggal dibelakang jejeran tempat usaha tersebut.

Berdasarkan keterangan warga di lokasi kejadian menyampaikan bahwa sekelompok warga yang melakukan penyerangan berjumlah sekitar 30 orang.

Mereka menggunakan alat tajam dan senjata panah wayer, serta melakukan perusakan menggunakan bebatuan berukuran besar.

Aparat keamanan dari Polsek Mimika Baru beserta Polres Mimika yang diback up personel Brimob BKO, merespon ke lokasi kejadian selang beberapa menit setelah sekelompok warga yang melakukan penyerangan meninggalkan lokasi kejadian.

Aparat kemudian mencari keterangan dari warga beserta korban yang tempat usahanya menjadi sasaran perusakan.

Informasi diperoleh bahwa aksi penyerangan masih berhubungan dengan penyerangan yang terjadi Jumat malam, 18 November 2021, meski sudah dilakukan upaya mediasi terkait penyebab terjadinya permasalahan, yakni masalah sengketa lahan.

Dari kejadian ini, terpantau terdapat beberapa orang diamankan petugas ke Polsek Mimika Baru.

Kabag Ops Polres Mimika, AKP Dionisius VDP Helan yang tiba di lokasi kejadian kemudian berkoordinasi dengan petugas yang sudah terlebih dahulu dilokasi kejadian. Kemudian warga diberikan imbauan agar tidak lagi membuat ulah, apalagi membawa senjata dan alat tajam.

“Jangan ada yang bikin kacau lagi. Kalau saya lihat ada yang membawa senjata tajam, saya tangkap. Itu perintah bapak Kapolres. Jangan kita bikin situasi yang sudah aman menjadi kacau,” tegas Kabag Ops.

Saat ini juga petugas sedang melakukan pengejaran terhadap para oknum warga yang melakukan penyerangan deretan tempat usaha di depan Lapangan Jayanti.

Para korban yang tempat usahanya dirusak, di arahkan petugas untuk membuat laporan polisi (LP) di kantor kepolisian untuk masalah ini diproses secara hukum.

reporter : Saldi, Yonri
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.