Sistem Dukcapil Terganggu, Pelayanan di Timika Terkendala

Kantor Dukcapil tampak Kosong dengan pengunjung karena system jaringan dukcapil yang mengalami gangguan. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Kantor Dukcapil tampak Kosong dengan pengunjung karena system jaringan dukcapil yang mengalami gangguan. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Sistem aplikasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Mimika, Pupua, mengalami gangguan.

Akibatnya, semua pelayanan kepengurusan dokumen kependudukan terganggu.

Gangguan ini bukan hanya di Kantor Dukcapil yang berada di Pusat Pemerintahan, tapi juga terjadi pada Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) di beberapa distrik.

Terganggunya sistem aplikasi ini terjadi sejak Rabu (05/01/2022).

“Sampai hari ini (Kamis 06/01/2022) masih terganggu. Jadi semua jaringan kita pakai langsung dari pusat sehingga kalau mengalami gangguan maka kita disini juga ikut terganggu,” kata Sekertaris Dukcapil Mimika Lukas Tahitu saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (06/01/2022).

Meskipun terganggu, pihaknya tetap menerima berkas secara fisik. Sehingga nantinya saat sistem kembali aktif, maka berkas yang sudah diterima akan didahulukan dan bisa menggunakan metode Sistem Layanan Antar Cepat Dokumen Kependudukan (Si Lincah).

“Kita belum bisa memastikan kapan sistem akan kembali normal, tapi kami akan usahakan semaksimal mungkin karena kita sudah berkomunikasi dengan pusat, kita berharap hari ini atau sebentar malam semoga bisa baik,” tuturnya.

reporter : Kristin Rejang
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.