Stok Darah Kurang, PMI Papua Diminta Tingkatkan Pelayanan Donor Darah

Pembukaan Musyawarah Kerja dan Musyawarah Provinsi PMI Papua di Jayapura. (Foto: Papua.go.id)
Pembukaan Musyawarah Kerja dan Musyawarah Provinsi PMI Papua di Jayapura. (Foto: Papua.go.id)

TIMIKA | Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Papua diimbau gencar mendorong pelayanan donor darah di masyarakat, guna ketersediaan stok darah di Bumi Cenderawasih yang saat ini masih sangat kurang.

Hal ini disampaikan Asisten Bidang Pemerintah Provinsi Papua Doren Wakerkwa, pada Musyawarah Kerja dan Musyawarah Provinsi  PMI Papua di salah satu hotel di Jayapura, Selasa (8/3/2022).

“Ketersediaan darah sangat dibutuhkan apalagi golongan darah tertentu masih sangat kurang sekali di Papua, sehingga kedepannya PMI diminta dorong pelayanan donor darah,” terang Doren diikutip dari Papua.go.id.

Kendati demikian, Doren meyakini kinerja PMI Papua saat ini sudah sangat maksimal, apalagi sangat aktif membantu di bidang sosial kemasyarakatan lainnya di saat pandemi Covid-19.

Hanya saja, Doren berharap ada sosialisasi aktif yang juga menjembatani masyarakat untuk bisa melakukan donor darah.

“Apalagi hari ini PMI Papua melaksanakan rapat kerja daerah sekaligus musyawarah daerah pemilihan pemimpin selama 5 tahun kedepan. Sehingga kedepan PMI Papua kita harap bisa lebih baik lagi,” kata dia.

Sementara itu Kepala Bidang Organisasi PMI Pusat, HM Muas berharap, melalui kegiatan Musyawarah Kerja dan Musyawarah Provinsi PMI Papua bisa menghasilkan program kerja yang lebih baik kedepan, lebih khusus terhadap program strategis prikemanusiaan.

“Kalau menurut saya program kerjanya harus dirubah dimana lebih kepada memantapkan stategis kemampuan prikemanusian di setiap kabupaten kota. Sehingga kedepan bisa dikendalikan dan memberikan pemahaman, sebab PMI secara dunia Internasional menghendaki bahwa lembaga ini menjadi pengendali di masyarakat,” harapnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.