Strategi Dinkes Mimika Gelar Program BIAS Ditengah Pandemi Covid-19

IMUNISASI | Pemberian imunisasi kepada anak usia sekolah yang dilakukan oleh petugas kesehatan. (Foto: Ist/SP)
IMUNISASI | Pemberian imunisasi kepada anak usia sekolah yang dilakukan oleh petugas kesehatan. (Foto: Ist/SP)

Apa pentingnya imunisasi bagi anak usia sekolah. Nelsi menerangkan, imunisasi ini bertujuan untuk membangun kekebalan tubuh seseorang terhadap suatu penyakit, dengan membentuk antibodi dalam kadar tertentu.

Ditambah lagi, tingkat kekebalan seseorang terhadap penyakit yg dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) akan turun seiring dengan bertambahnya usia. Sehingga diperlukan imunisasi lanjutan agar tingkat kekebalan tinggi kembali.

“Maka sangat penting dilakukan pemberian imunisasi sesuai jadwal. Dimasa pandemic ini, kami tetap mengupayakan hal tersebut. Karena kalau tidak dilakukan atau ditunda, akan memperbesar resiko KLB PD3I,” tegasnya.

Pada program BIAS yang diberikan pada siswa kelas I, II, dan V ini bertujuan untuk menjaga kekebalan tubuh. Dimana anak kelas I diberikan imunisasi difteria tetanus (DT) dan Measles Rubella (MR) atau campak. Sementara untuk kelas II dan V diberikan imunisasi tetanus difteria (Td).

“Intinya imunisasi ini menjaga kekebalan tubuh anak, dan ini sangat penting bagi masa pertumbunuhan. Apalagi di masa pandemi ini penting diberikan, agar anak-anak tidak mudah terkena penyakit-penyakit lainnya, apakah itu campak, difteria, dan lainnya,” tuturnya.

“Sekali lagi, kami menghimbau kepada orang tua dan pihak sekolah agar mendukung kegiatan BIAS ini dan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Karena imunisasi ini penting bagi anak-anak kita,”himbaunya.

Reporter : Mujiono
Editor: Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *