Tiga Atlet Papua Incar Tiket Olimpiade 2024

Natasya Beteyob. (Foto: PABSI Indonesia)
Natasya Beteyob. (Foto: PABSI Indonesia)

JAYAPURA | Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua, George Weyasu menyebut ada tiga atlet Papua berpotensi akan berlaga pada ajang olahraga internasional Olimpiade Paris 2024 ke-XXXIII berlangsung pada 26 Juli-11 Agustus 2024.

Ketiga atlet itu berasal dari cabang olahraga (cabor) angkat besi dan renang.

“Ketiga atlet kita Papua ini sedang mengumpulkan poin untuk mengikuti Olimpiade Paris 2024. Ada dua untuk cabor angkat besi yakni Ricko Saputra dan Natasya Beteyob. Serta ada satu atlet dari cabor renang yaitu Farrel Armandio Tangkas,” kata George Weyasu kepada awak media, Jumat (26/5/2023).

Dikatakan Weyasu, ketiganya saat ini masih berada di pelatihan nasional (pelatnas) Indonesia. Dimana selain itu, para atletnya ini merupakan andalan Indonesia lantaran prestasi yang sudah diraih.

“Mereka itu pasti masih ada di pelatnas karena sedang mengumpulkan poin dalam kejuaraan-kejuaraan Asia tapi juga kejuaraan dunia. Dan sambil mengumpulkan poin, mereka tetap mengikuti babak kualifikasi pra-PON dan juga memperkuat kontingen Papua menuju PON 21 tahun 2024 nanti di Aceh-Sumatera Utara,” ujarnya.

Sementara itu, pihak KONI Papua mengakui masih menantikan kepastian ketiganya akan memperkuat kontingen Papua pada pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut, pasalnya pelaksanaan Olimpiade bertepatan pada pelaksanaan PON XXI nantinya.

“Karena Olimpiade dilaksanakan pada tahun 2024 nanti, maka kita akan mendapatkan informasi lebih lanjut terkait kesiapan dan keikutsertaan mereka dari pengurus pusat cabor untuk menyampaikan kepada KONI Papua,” ungkapnya.

Diketahui, Ricko Saputra dan Natasya Beteyob sengaja tidak diikutkan pada Sea Games Kamboja dikarenakan strategi Perkumpulan Angkat Besi Indonesia (PABSI) Pusat untuk fokus meraih poin agar lolos Olimpiade Paris 2024. Namun kedua lifter pelatnas diketahui masuk posisi aman sementara untuk lolos karena masuk dalam ranking 10 dunia.

Kejuaraan Asian Weightlifting Championships 2023 di Jinju, Korea Selatan pada 03-13 Mei, Ricko Saputra dikelas 61kg putra mampu meraih medali perunggu. Sedangkan Perenang Farrel Armandio Tangkas sukses meraih medali perak di nomor 100meter gaya punggung putra pada ajang SEA Games 2023 Kamboja.

 

penulis : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan