Turnamen Sepakbola Putri ATAS 2023, Wadah Persatuan Anak Bangsa

Pemukulan tifa pembukaan turnamen sepakbola putri ATAS 2023. (Foto: Vidi/Seputarpapua)
Pemukulan tifa pembukaan turnamen sepakbola putri ATAS 2023. (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Turnamen sepakbola putri anak Tabi-Saireri (ATAS) tahun 2023 resmi bergulir pada Senin, 24 April 2023, di Stadion Mandala, Kota Jayapura. Turnamen sepakbola itu diikuti 10 klub yang akan bertanding 24 April – 08 Mei 2023.

Mewakili Gubernur Papua, Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Provinsi Papua, Max Olua mengapresiasi turnamen yang dapat mempersatuan seluruh anak bangsa di wilayah Tabi-Saireri ini.

“Dari pemerintah kita apresiasi karena baru pertama kali sepakbola putri digelar untuk wilayah Tabi-Saireri. Artinya ini bukti bahwa ada jati diri semangat dan sepakbola sangat digemari oleh seluruh masyarakat,” kata Olua kepada wartawan.

Selain itu, turnamen tersebut dapat membawa perubahan positif bagi generasi muda Papua, sehingga diharapkan seluruh masyarakat bisa memberikan support dan dukungan secara langsung.

“Ini langkah luar biasa, warna Tabi-Saireri mulai dihidupkan dan wadah bagi generasi muda. Dengan cara ini bisa mempersatuan dan mengurangi penyakit sosial ditengah anak muda Papua, sehingga turnamen ini terus berkesinambungan kedepan karena wadah positif,” ujarnya.

Sementara Ibu Nerlince Wamuar Rollo selaku Ketua Panitia mengatakan turnamen ini wadah mempersatukan maupun melahirkan pesepakbola putri yang handal untuk kontingen Papua nantinya.

“Bagaimana kita melihat bibit-bibit yang baik dalam mempersiapkan dan memperkuat tim sepakbola putri Papua menuju pra-PON maupun PON. Namun tidak kalah penting untuk mempersatukan kita anak muda Papua, meski sudah terbentuk daerah otonomi yang baru,” tuturnya.

Oleh sebab itu, turnamen ini akan terus dilakukan, bahkan kedepan akan lebih besar dengan melibatkan seluruh provinsi pemekaran DOB dari provinsi induk Papua.

“Dalam ajang yang lebih besar akan kita buat melibatkan provinsi DOB, karena melalui sepakbola kita bisa bersatu, bisa mempersatukan tanpa adanya perbedaan. Sekaligus bagaimana kita bisa memberdayakan perempuan dan anak dalam kegiatan positif,” ujarnya.

Ketua KONI Kota Jayapura, Abisai Rollo pun ikut mengapresiasi turnamen sepakbola putri ini karena penting dilakukan untuk melahirkan talenta sepakbola putri untuk tanah Papua diberbagai iven nasional dan Internasional.

“Saya sangat mendukung dan apresiasi karena sepakbola putri ini penting karena juga jarang digelar di Kota Jayapura. Turnamen ini bisa hasilkan pesepakbola terbaik ditanah Papua untuk persiapan pra-PON dan PON, tapi yang terpenting kita harus mengembangkan olahraga di tanah Papua melalui intruksi presiden. Para peserta dapat menjunjung sportivitas didalam pertandingan,” tandasnya.

Sementara dalam pertandingan pertama pada turnamen sepakbola Anak Tabi-Saireri tahun 2023, klub Orange Aspul FC asal Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura melibas Koteng (Koya Tengah) Putri dengan skor akhir 10-0 tanpa balas.

penulis : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *