Umat Khatolik Timika Sukacita atas Tiga Imam dan Dua Diakon Baru

Uskup Keuskupan Sorong-Manokwari, Mgr. Hilarion Datus Lega, Pr memimpin ibadah pentahbisan imam dan diakon baru di Gereja St. Stefanus Sempan Timika, Minggu (16/10/2022). (Foto: Yonri/Seputarpapua)
Uskup Keuskupan Sorong-Manokwari, Mgr. Hilarion Datus Lega, Pr memimpin ibadah pentahbisan imam dan diakon baru di Gereja St. Stefanus Sempan Timika, Minggu (16/10/2022). (Foto: Yonri/Seputarpapua)

TIMIKA | Umat Khatolik di Timika, Papua Tengah sedang bersukacita, pasalnya tiga imam dan dua diakon baru ditahbiskan pada Minggu (16/10/2022).

Ketiga imam baru yang ditahbiskan hari ini yakni, Pastor Emanuel Buang Lela, Pr, Pastor Theodorus Yoseph Tepa, OFM, dan Pastor Ricky Yeuyanan, Pr.

Sedang dua diakon baru yakni Alpius Alpen Mujijau, OFM dan Domisius Wandi Batoteng Raya, OFM.

Euforia atas imam dan diakon baru ini terasa sekali sejak di pintu gerbang hingga masuk ke dalam gedung gereja. Ribuan umat tampak memadati hampir setiap sudut gereja.

Uskup Keuskupan Sorong-Manokwari, Mgr. Hilarion Datus Lega, Pr dalam khotbahnya memberi pujian atas sambutan para umat kepada imam baru mereka. Bagi Uskup, hal ini menandakan para umat bersukacita menyambut pemimpin barunya.

“Kita menyambut dengan tari-tarian, adat istiadat, dari leluhur yang sebetulnya ini menunjukkan kehebatan Tuhan,” kata Uskup Hilarion.

 

Para pastor dan diakon lakukan sujud kepasrahan diri. Sujud ini diungkapkan mereka yang baru ditahbiskan. (Foto: Yonri/Seputarpapua)

 

Penyambutan hebat pun tidak berhenti usai para imam dan diakon masuk ke gereja. Di gereja, paduan suara juga menyambut dengar nyanyian gerejawi.

“Sampai di gereja ini disambut dengan kor (paduan suara) yang tidak kalah hebat. Suara mereka ini seperti nyanyian surga. Semoga anda semua masuk surga,” kata Uskup.

Usai khotbah, Uskup mentahbiskan satu per satu diakon dan iman disaksikan ribuan umat. Setelahnya, Uskup memimpin para imam dan diakon untuk sembah sujud.

Advertisements

Para pastor dan diakon baru pun lakukan sujud kepasrahan diri. Sujud ini diungkapkan dalam tata gerak tiarap atau merebahkan diri untuk mereka yang baru ditahbiskan.

 

penulis : Yonri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *