Warga Kampung Ewer Manfaatkan Dana Otsus Budidaya Ikan Nila

Bupati Asmat Elisa Kambu ketika ikut memanen Ikan Nila
Bupati Asmat Elisa Kambu ketika ikut memanen Ikan Nila

TIMIKA | Bupati Asmat Elisa Kambu memberikan apresiasi kepada kelompok Aipas, Kampung Ewer, Agats, yang telah memanfatkan dana Otsus untuk membudidaya Ikan Nila.

Tidak hanya kelompok Aipas, Bupati Elisa juga memberikan apresiasi kepada kelompok penambak Ikan Nila lainnya yang tersebar di beberapa kampung di Asmat.

Menurut Elisa, kelompok binaan Pemkab Asmat melalui Dinas Perikanan ini telah memberikan contoh kepada masyarakat, agar kedepannya masyarakat lainnya juga dapat membudidaya Ikan Nila.

“Apresiasi kepada kelompok Aipas dan kelompok yang lain yang ada di Asmat yang dapat memberi contoh bagaimana kedepan masyarakat bisa dapat melakukan budidaya Ikan Nila,” kata Bupati Elisa di Ewer, Senin (3/10/2022).

Menurut Bupati Elisa, sarana dan prasaran yang disiapkan pemerintah melalui dana Otsus sangat bermanfaat kepada masyarakat, baik untuk kesehatan, pendidikan, usaha bantuan modal, serta kegiatan ekonomi dan infrastruktur lainnya.

Sehingga, dengan adanya program budidaya Ikan Nila, Bupati Elisa meminta kepada dinas terkait untuk dapat memberikan edukasi dan pendampingan.

Bupati Elisa juga berharap kepada masyarakat Ewer agar dapat memanfaatkan kreatifitas dan inovasi, sehingga kedepan tempat budidaya Ikan Nila ini bisa menjadi salah satu tempat wisata.

“Orang yang datang berwisata di tempat ini bisa menikmati hasil pancigan ikan, serta hasil pertanian yang lain seperti kelapa dan jeruk,” pungkas Bupati Elisa.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan, mengatakan melalui dana Otsus masyarakat dapat berinovasi, sehingga setiap kelompok usaha yang dibuat bisa semakin bertambah, bukan hanya di Ewer tetapi di kampung lain.

Budidaya Ikan Nila dibutuhkan waktu selama 6 bulan untuk bisa dipanen.

“Terdapat tiga titik lokasi yang akan dipanen, diantaranya Kampung Ewer, Kampung Yuvri, dan Kampung Per. Ini merupakan awal dimana panen perdana Ikan Nila dilakukan,” pungkasnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Faqi Difinubun
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.