Adhyaksa Dharmakarini Kejari Timika Fasilitasi Pemeriksaan Kanker Serviks

Adhyaksa Dharmakarini Kejari Timika Fasilitasi Pemeriksaan Kanker Serviks
Kajari Timika Alex Sumarna foto bersama Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejari Timika di selah kegiatan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) di Puskesmas SP 2 - Foto : Istimewa

TIMIKA | Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejaksaan Negeri (Kejari) Timika, Papua  bekerjasama dengan Puskesmas Timika Jaya (SP 2) melaksanakan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) untuk deteksi dini Kanker Leher Rahim dan Sadanis atau periksa payudara klinis  Kanker Payudara. Kegiatan ini dilaksanakan di Puskesmas Timika Jaya (SP 2), Jumat (29/9).

Kegiatan tersebut serentak di seluruh Indonesia atas isntruksi pengurus pusat IAD bekerja sama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (Oase) dalam rangka peringatan Hari Kanker Internasional. Kepedulian ini setelah melihat kerentanan perempuan terhadap kanker leher rahim atau serviks.

Kepala Kejaksaan Negeri Timika Alex Sumarna, SH MH mengatakan, kegiatan ini dianggap penting untuk dilaksanakan kembali, mengingat pada kegiatan sebelumnya beberapa wanita di Timika ternyata ditemukan positif Kanker Serviks.

“Harus dilaksanakan karena pemeriksaan pada Juli lalu ada beberapa yang positif. Kanker ini di Timika sepertinya rawan. Dengan tes IVA, gangguan kesehatan lain bisa dideteksi lebih dini agar bisa dicegah dan diobati,” terang Alex Sumarna kepada wartawan, Jumat.

Menurut Alex, animo kaum perempuan di Mimika cukup tinggi mengikuti kegiatan ini, namun Puskesmas Timika Jaya harus membatasi maksimal 60 peserta karena pertimbangan waktu.

“Peserta dominan dari para ibu guru dan ibu rumah tangga untuk memeriksakan dini ancaman kanker serviks ini. Peserta yang belum terakomodir bisa datang memeriksakan diri ke Pusekemas terdekat,” katanya.

Semetara itu, Kepala Puskesmas Timika Jaya, dr Moses Untung mengatakan, Kanker Serviks sangat berpotensi menyerang perempuan yang telah melakukan kontak seksual, baik ibu rumah tangga maupun wanita lajang.

Karena itu, deteksi dini melalui IVA menjadi penting karena Kanker Serviks satu-satunya kanker yang bisa dicegah, asal kemungkinan keganasannya diketahui lebih awal.

“Kita bersyukur tahun ini beberapa lembaga yang memassifkan kegiatan ini. Kejaksaan sudah dua kali, kemudian TNI-Polri dan organisasi profesi juga sudah laksanakan. Ini juga salah satu program Puskesmas,” kata dia.

Untuk diketahui, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejari Timika bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan Mimika telah melaksanakan kegiatan serupa dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-57 dan Hari Ulang Tahun IAD ke-17. (rum/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan