228 Calon PPD di Mimika Lulus Computer Asisten Test

Fidelis Piligame. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)
Fidelis Piligame. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA | Sebanyak 228 calon anggota badan adhoc atau Panitia Pemilihan Distrik (PPD) di Mimika lulus ujian computer asistent test (CAT). 

Kordiv Sosialisasi, Parmas, dan SDM KPUD Mimika, Fidelis Piligame mengatakan, sesuai dengan hasil tes CAT yang dilaksanakan pada 8-10 Desember 2022 dan diikuti 551 orang.

Dari jumlah tersebut, peserta yang dinyatakan lulus sebanyak 228 orang. Sementara yang tidak lulus sebanyak 323 orang.

“Peserta yang dinyatakan lulus maupun tidak itu oleh aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA), bukan anggota KPUD Mimika,” kata Fidel di Kantor KPUD Mimika, Senin (12/12/2022).

Kata dia, pada kelulusan ditentukan pada 15 peringkat pertama, mulai nilai tertinggi sampai terendah. Tetapi, kalau ada nilai yang sama pada peringkat ke 15, maka masih dinyatakan lulus.

Sementara untuk distrik yang jumlah pesertanya tidak sampai maupun hanya 15 orang, maka akan lulus semua. Ini seperti di distrik-distrik yang ada di pesisir pantai maupun pedalaman.

“Bagi yang lulus nanti, akan ada tahapan selanjutnya yakni tes wawancara,” katanya.

Sekali lagi melalui aplikasi ini, masyarakat umum bisa mengerti dan menilai bahwa hasil tes ini murni bukan rekayasa oleh anggota KPUD Mimika. Apalagi para peserta bisa mengaksesnya melalui aplikasi tersebut.

Sementara untuk operator sendiri hannya ‘donwload’ (mengunduh) berita acara dan hasil CAT dari aplikasi SIAKBA, yang kemudian ditandatangani oleh komisioner.

“Di SIAKBA, semua tertera dengan jelas mulai dari nama, distrik, nilai, dan hasilnya (lulus maupun tidak). KPUD Mimika hanya mengawasi pelaksanaan bukan hal lain.

Jadi tidak ada satupun kewenangan komisioner ataupun operator dan admin untuk merubah hasil perolehan CAT dari leserta. Karena semua diatur by sistem.

 

penulis : Mujiono

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *