Atlet Difabel Papua Perkuat Indonesia di Para Games Hangzhou

LATIHAN | Exus Ohee saat berlatih di Solo. (Foto: Naomi/ Ist)
LATIHAN | Exus Ohee saat berlatih di Solo. (Foto: Naomi/ Ist)

JAYAPURA | Atlet difabel asal Papua, Rexus Ohee dipanggil memperkuat timnas Indonesia untuk persiapan Asian Para Games di Hangzhou, Tiongkok pada tanggal 9-15 Oktober 2022.

Atlet binaan Nasional Paralympic Committee Indonesia (NPC) Provinsi Papua ini akan turun di cabang olahraga (cabor) Boccia, dinomor Individual BC3.

“Dari cabor Boccia Papua itu 1 orang saja yang dipanggil NPC Indonesia yaitu Rexus Ohee. Dan sudah awal bulan Januari ini sudah latihan terpusat di Solo, Jawa Tengah,” ungkap Pelatih kepala Boccia Papua Naomi Awoitouw, Minggu (23/1/2022).

Lanjut Naomi, atletnya itu dipanggil memperkuat Indonesia karena menorehkan prestasi gemilang pada pelaksanaan Pekan Paralymic Nasional (Peparnas) XVI Papua tahun 2021 lalu.

“Kemarin dia dapat medali perunggu di Peparnas. Karena bagus di Peparnas, makanya dipanggil perkuat Boccia Indonesia. Rexus sudah latihan sama-sama dengan 9 atlet lain dari seluruh Indonesia,” ujarnya.

Rexus Ohee merupakan putra asli Sentani, Kabupaten Jayapura ini terlebih dahulu menjalani latihan di Solo hingga bulan September, sebelum bertolak ke Hangzhou, Tiongkok.

“Kemarin saya antar dia ke Solo, untuk lihat bagaimana latihan, pelatih yang latih disana dan bagaimana cara melatih atlet saya. Dan mungkin kalau ujicoba pasti ada tapi dibulan Juni,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum NPC Indonesia Papua, H. Jaya Kusuma mengaku bangga pencapaian atlet dipanggil perkuat Indonesia.
Bahkan bukan hanya dari cabor Boccia, namun ada sejumlah atlet dari cabor lainnya yang dipanggil.

“Saya bangga ada anak Papua yang berhasil perkuat Indonesia untuk kejuaraan Internasional. Dan itu kebanggaan bagi masyarakat Papua dan ini yang diinginkan Gubernur Papua Lukas Enembe juga. Mudah-mudah mereka yang dipanggil dari 12 cabor kemarin bisa berjuang yang terbaik,” pungkasnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Vidi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.