Banjir Rob, 6 Rumah di Atuka Rusak Parah, Warga Terpaksa Mengungsi

PASANG | Air pasang sebabkan rumah warga mengalami kerusakan. (Foto:Ist/SP)
PASANG | Air pasang sebabkan rumah warga mengalami kerusakan. (Foto:Ist/SP)

TIMIKA | Air pasang atau banjir rob terjadi di Kampung Atuka, Distrik Mimika Tengah hingga menyebabkan umah warga rusak parah.

Menurut informasi yang dihimpun Seputarpapua.com, Rabu (16/12), melalui Admin Operator Kampung Atuka, Paulus Kemeyau, bahwa hingga saat ini diperkirakan enam rumah yang mengalami kerusakan total, bahkan warga terpaksa harus mengungsi.

“Air pasang sejak kemarin malam pukul 20.00 WIT, akibatnya enam rumahrusak total, jembatan penghubung dari kampung ke distrik juga rusak,” jelas Paulus saat dihubungi Seputarpapua.com, Rabu.

Advertisements

Sementara warga yang rumahnya mengalami kerusakan total yakni warga RT 1. Rumah mereka dekat dengan pelabuhan.

Saat ini, warga yang mengalami kerusakan rumah sedang mengungsi ke tetangga RT lain untuk menyelamatkan diri.

“Kejadian begini setiap tahun pasti ada di bulan Desember, hanya saja kejadian tahun ini berbeda, biasanya air tidak masuk ke rumah, tapi tahun ini air sampai masuk ke rumah warga bahkan rumah dan jembatan jadi rusak,” katanya.

Ia mengatakan diperkirakan situasi ini akan dialami oleh warga Atuka hingga tanggal 19 Desember.

“Tadi sempat surut tapi air mulai naik lagi sekarang bisa saja sampai pagi, situasi begini kadang sampai dua atau tiga hari kedepan,” ujarnya.

 

Advertisements

 

Dijelaskan dalam satu rumah yang mengalami rusak total tersebut terdapat lebih dari 1 kepala keluarga dan diperkirakan dalam satu rumah ada sembilan jiwa.

Advertisements

“Situasinya rumah hancur total, papan rumah hanyut dibawa arus, dan memang mereka membutuhkan perhatian pemerintah,” tuturnya.

Paulus mengatakan hingga kini tidak ada korban jiwa.

“Hanya saja kami khawatir bisa jadi satu dua hari kedepan pasti ada yang sakit karena situasi,” pungkasnya.

Advertisements

 

Reporter: Kristin Rejang
Editor: Misba Latuapo

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *