Berebut Suara, Puluhan Pendukung Caleg Terluka Akibat Saling Serang di Puncak Jaya

Aparat kepolisian berupaya melerai aksi saling serang antar pendukung caleg di Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua Pegunungan akibat saling berebut suara dalam Pemilu 2024. (Foto: Polres Puncak Jaya)
Aparat kepolisian berupaya melerai aksi saling serang antar pendukung caleg di Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua Pegunungan akibat saling berebut suara dalam Pemilu 2024. (Foto: Polres Puncak Jaya)

JAYAPURA | Aksi saling serang terjadi antara massa pendukung calon legislatif (Caleg) pada beberapa distrik di Kabupaten Puncak Jaya, Papua Pegunungan yang menyebabkan puluhan orang terluka, Rabu, 14 Februari 2024.

Kapolres Puncak Jaya, AKBP Kuswara menjelaskan, beberapa distrik yang terjadi aksi saling serang antar massa pendukung caleg terjadi di Distrik Wonwi, Dokome, Yaimo, Pagaleme, Mulia, Yambi, Irimuli, Muara dan Ilu.

Kejadian saling serang pertama terjadi di Distrik Wonwi, Rabu, sekitar pukul 10.00 WIT. Aksi saling serang menggunakan panah, katapel hingga alat tajam terjadi dikarenakan masing-masing pendukung caleg memperebutkan suara untuk diberikan kepada caleg yang mereka dukung. Permasalahan yang sama juga terjadi pada beberapa distrik lainnnya.

“Saya dan personel Polres Puncak Jaya berhasil melerai semua masyarakat yang bertikai dan melakukan mediasi guna situasi pemungutan suara berjalan aman dan lancar,” demikian dikatakan AKBP Kuswara dalam keterangan yang dikeluarkan Humas Polda Papua, Kamis (15/2/2024).

Kapolres mengungkapkan, atas kejadian ini ada 62 orang terluka dan telah dievakuasi ke RSUD Mulia untuk mendapatkan penanganan medis.

“Tidak ada korban jiwa ataupun luka dari pihak aparat keamanan,” tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *