BMKG: Curah Hujan Timika Diperkirakan Meningkat, Waspada Banjir

Prakirawan BMKG Timika, Fitria Nurfadlilah. (Foto: Yonri/Seputarpapua)
Prakirawan BMKG Timika, Fitria Nurfadlilah. (Foto: Yonri/Seputarpapua)

TIMIKA | Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Metereologi Mozes Kilangin memperkiran curah hujan di Timika, Papua akan semakin meningkat dimulai pada Bulan Juni 2021.

Prakirawan BMKG Timika, Fitria Nurfadlilah menjelaskan, curah hujan yang akan terus meningkat ini diperkirakan terjadi hingga Bulan Agustus mendatang.

“Secara klimatologis, Timika termasuk wilayah yang memiliki karakteristik hujan sepanjang tahun. Tapi mempunyai puncak bulan-bulan basah yaitu di Bulan Juni, Juli dan Agustus,” terang Fitria di ruang kerjanya, Rabu (2/6/2021).

Selama tiga bulan kedepan ini, menurutnya hujan dapat terjadi sepanjang hari. Berdasar data tahun lalu, intensitas hujan dapat mencapai 1.035 milimeter.

Dijelaskan, hal ini akibat topografi wilayah Timika yang curam dari laut ke pegunungan. Serta kuatnya angin australia di bulan-bulan dimaksud.

Akibat tingginya curah hujan ini, warga diimbau waspada dengan penyakit musiman dan genangan air yang biasanya melanda kota saat musim penghujan.

Meski begitu, hingga saat ini aktivitas penerbangan dipastikan dapat berjalan normal seperti biasa.

“Malam akan sangat tinggi hujannya. Jadi paling penting waspada banjir,” pungkasnya.

penulis : Yonri
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *