BPBD Bakal Membangun Bak Penampungan Air Khusus Pengisian Mobil Damkar

Moses Yarangga, Plt Kepala BPBD Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah. (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)
Moses Yarangga, Plt Kepala BPBD Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah. (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika bakal membangun bak penampungan air di dua lokasi tempat pos mobil pemadam kebakaran, yakni di samping lapangan pasar lama dan di kantor mereka yang terletak belakang Kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) jalan SP 2-5.

Plt Kepala BPBD Mimika Moses Yarangga saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (15/2/2024), mengungkapkan bahwa rencana pembangunan tersebut menjadi salah satu program BPBD Mimika di tahun 2024.

“Tahun ini, kami pembuatan bak penampungan air, tapi dia di tanah, seperti yang kami lihat sewaktu (kunjungan kerja) di Jakarta,” kata Moses.

Alasan dibangunnya dua penampungan tersebut, selain untuk mengatasi kosongnya tanki truk pemadam kebakaran, juga untuk memudahkan pengisian tanki dua mobil baru yang menggunakan sistem pengisian dari bawah.

“Jadi (pengisian tangki air) bukan lagi dari atas, tapi dari bawah langsung, tidak ada hitungan jam, menit saja sudah penuh tanki. Tahun ini buat bak dan sumur bornya,” ungkapnya.

Selain bak penampungan air, Moses mengatakan pihaknya juga menyurat ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk membuat titik pengambilan air khusus pemadam kebakaran di sepanjang jalan utama di Mimika.

“Kita akan buat titik-titik pemasangan (pengambilan air itu), sehingga kalau ada kejadian kekurangan air kita bisa isi di situ,” katanya.

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *