Catatan Disdukcapil Tentang Dinamika Data Penduduk di Mimika

Catatan Disdukcapil Tentang Dinamika Data Penduduk di Mimika
Suasana kantor Disdukcapil Mimika saat memberikan pelayanan kepada masyarakat. (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua)

TIMIKA | Data jumlah penduduk di Mimika terus diperbaharui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) seiring bertambah jumlah penduduk.

Perubahan data ini menjadi dinamikan bagi Disdukcapil, karena masuk dan keluarnya warga dari Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Sepanjang Januari hingga September 2023, Disdukcapil mencatat 11.008 penduduk yang pindah keluar dan masuk Mimika.

Kepala Disdukcapil Mimika Slamet Sutejo melalui Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dukcapil Mimika, Amirullah megatakan, warga yang pindah keluar berjumlah 5307 dan pindah masuk 5701.

“Lebih banyak yang pindah masuk memang, selisih sekitar 300an orang,” katanya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (19/10/2023).

Amir melanjutkan untuk perekaman KTP-el tercata sekitar 4.961 baik melalui layanan jemput bola maupun di loket Disdukcapil Mimika.

Total sepanjang Januari hingga September 2023, Disdukcapil Mimika telah mencetak dan menerbitkan 29.664 keping.

“Artinya orang yang perekaman pemula, KTP nya rusak, hilang, pindah alamat, keluar dan masuk sudah sekitar 29.000 tadi itu,” ujarnya.

Disdukcapil juga berhasil menerbitkan dan aktivasi KTP-el digital berjumlah 10.281.

“Terus untuk KIA dari Januari hingga September 2023 tercatat sebanyak 9.305, KK 41.379,” ungkapnya.

Amir menerangkan jumlah KK tersebut sudah termasuk masyarakat yang melakukan pembaruan data.

“Contohnya pasangan yang baru menikah, kan kita harus pisahkan dengan KK orangtuanya, kemudian anak baru lahir kan juga harus kita cetakkan KK terbaru untuk orang tuanya,” tuturnya.

Amir menilai masyarakat Mimika saat ini sudah sangat aktif melakukan pembaruan data.

“Bisa dibilang tingkat kesadaran masyarakat semakin baik, dengan kesadaran semakin baik itu maka harus dilandasi dengan kemudahan layanan,” tegasnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *