Dana Pokir Dewan Digunakan Tanzil untuk Beli Kendaraan Angkut Sampah

Dana Pokir untuk Beli Kendaraan Angkut Sampah
Penyerahan 5 unit kendaraan persampahan dari Politisi Gerindra Tanzil Azharie kepada DLH Mimika. Foto: Mujono

TIMIKA | Tanzil Azharie merupakan anggota DPRD Mimika. Politisi dari Partai Gerinda ini menggunakan dana pokir dewan untuk membeli 5 kendaraan roda 3 pengangkut sampah.

Hal ini dilakukan Tanzil sebagai bentuk kepedulian dirinya terkait persoalan sampah di Kota Timika.

5 kendaraan itu kemudian diserahkan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH), pada Kamis (23/11/2024), untuk selanjutnya diserahkan ke lima kelurahan, yakni Kelurahan Koperapoka, Timika Jaya, Kampung Ninabua, dan Kelurahan Wanagon.

“Program ini masuk dalam pokok pikiran (Pokir) yang saya dapatkan pada tahun 2022, namun untuk pelaksanaannya dilakukan di tahun 2023 ini,” kata Tanzil.

Tanzil berharap, bantuan kendaraan angkut sampah ini dapat membantu kebersihan lingkungan sehingga bisa terjaga.

“Saya juga berharap kepada masyarakat untuk lebih sadar menjaga kebersihan. Karena kebersihan merupakan tanggung jawab kita bersama,” pungkas Tanzil.

Sementara itu, Plt Kepala DLH Jeffry Deda mengakui jika masih ada warga yang belum sadar akan kebersihan lingkungan.

Bahkan dalam membuang sampah, terkadang tidak dipatuhi oleh warga. Padahal waktu buang sampah di tempat pembuangan sampah yang sudah disiapkan telah ditentukan, yakni mulai pukul 18.00 -06.00 WIT.

“Namun yang terjadi kebanyakan masyarakat masih ada yang membuang sampah di atas pukul 06.00 WIT. Sehingga, mau tidak mau DLH tetap melakukan pembersihan. Padahal kita sudah siapakan 24 tempat pembungan sampah,” kata Jeffry.

Menurut Jeffry, pihaknya bersama pihak kelurahan telah sepakat untuk angkut sampah.

Sampah yang berada di TPS pinggir jalan raya diangkut oleh pihaknya. Sedangkan sampah yang berada di lorong-lorong jalan pemukiman warga menjadi tanggung jawab pihak kelurahan, namun dengan syarat harus memiliki kendaraan angkut sampah.

“Dari kondisi itu kami difasilitasi, termasuk dari anggota DPRD Mimika yang sudah memberikan bantuan kendaraan sampah, seperti sekarang ini. Melalui bantuan ini kami berharap permasalahan sampah di tingkat kelurahan bisa teratasi dengan baik,” pungkas Jeffry.

penulis : Mujiono
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *