Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Asmat Gelar Pelatihan Public Speaking

Suasana pelatihan public speaking yang digelar DWP Kabupaten Asmat dari unsur OPD, Kamis (20/7/2023). (Foto: Elgo Wohel/Seputarpapua)
Suasana pelatihan public speaking yang digelar DWP Kabupaten Asmat dari unsur OPD, Kamis (20/7/2023). (Foto: Elgo Wohel/Seputarpapua)

ASMAT | Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Asmat, Kamis (20/7/2023), menggelar kegiatan pelatihan public speaking yang berlangsung di Aula Worowcem Kesbangpol Asmat, Provinsi Papua Selatan.

Pelaksana Harian (Plh) Sekda Kabupaten Asmat, Riechard Mirino, dalam kegiatan itu menjelaskan bahwa public speaking merupakan suatu bentuk komunilasi publik guna menyampaikan pesan atau informasi dalam berbagai bentuk, seperti suara, tulisan, simbol-simbol gambar dan lainnya yang bertujuan untuk mengajak, mendidik, mengubah opini, memberikan penjelasan maupun informasi.

Oleh sebab itu, ia mengatakan, public speaking menjadi salah satu kompetensi sangat penting dan harus dikuasai oleh semua aparatur pemerintah, termasuk anggota dan pengurus organisasi Dharma Wanita Persatuan dari unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asmat.

“Dengan kegiatan pelatihan public speaking dapat meningkatakan potensi diri sebagai anggota dharma wanita unsur OPD, agar lebih profesional dalam melaksanakan tugas-tugas memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Plh Sekda.

“(Juga) untuk mewujudkan dharma wanita yang bermartabat, elok, religius, kuat, amanah dan harmonis menuju masyarakat Asmat yang maju, mandiri, sejahterah dan bermartabat berbasis budaya lokal,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Panitia, Ny. Anemeri Katukdoan menjelaskan, tujuan pelatihan public speaking bagi ibu-ibu pengurus Dharma Wanita Persatuan OPD adalah, untuk mensosialisasikan konsep public speaking secara sederhana bagi para perempuan. Kemudian juga untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta mengenai pentingnya kemampuan public speaking dalam melaksanakan tugas pemerintahan maupun tugas organisasi.

Diketahui peserta pelatihan public speaking ini terdiri dari ibu-ibu pengurus DWP unsur OPD Kabupaten Asmat dengan menghadirkan narasumber public speaking yaitu Wilhelmina Weliken dari PT. Sejahterah Noken Creative yang merupakan salah satu lembaga profesi yang memiliki dasar pengalaman dalam menfasilitasi event organizer dan melaksanalan kegiatan pengembangan diri bagi para wanita di Provinsi Papua Selatan.

penulis : Elgo Wohel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *