Di Mimika, Jalan Raya Dijadikan Tempat Buang Sampah

Tampak sampah menumpuk yang dibuang warga di Jalan Hasanuddin, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Tampak sampah menumpuk yang dibuang warga di Jalan Hasanuddin, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Oknum-oknum warga Timika, ibukota Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, menjadikan jalan raya sebagai tempat pembuangan sampah.

Pemandangan itu seperti terlihat tepat di depan lorong Ossa de Villa, Jalan Hasanuddin, Kelurahan Inauga, Distrik Wania.

Warga membuang sampah disekitar jalan raya dengan berbagai jenis sampah mulai dari sampah plastik, kardus, sampai sampah sisa makanan juga dibuang di jalanan tersebut.

Advertisements

Bahkan, sampah yang dibuang sudah hampir memenuhi satu meter badan jalan yang seharusnya dipakai untuk akses kendaraan maupun pejalan kaki.

Kepala Kelurahan Inauga, Gerson Rumbarar mengatakan, sejak dua hari terakhir memang sampah di Jalan Hasanuddin tidak diangkut oleh petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup. Baru pada Jumat (16/2/2024) pagi petugas kebersihan mulai mengiur sampah mulai dari Jalan Sam Ratulangi.

“Tadi pagi baru angkut di jalan Sam Ratulangi,” kata Gerson.

Ia mengatakan, di Kelurahan Inauga sudah disediakan tempat pembuangan sampah (TPS) yang berada di Jalan Busiri. Bahkan pihaknya pun terus memberikan imbauan kepada warga melalui ketua-ketua RT agar membuang sampah di TPS yang telah disediakan.

Tetapi memang, tidak semua warga patuh untuk membuang sampah di TPS yang telah disediakan itu.

Bahkan, Gerson juga menyebut, tidak selalu sampah yang ada di jalanan itu dibuang oleh warga dari Kelurahan Inauga.

“Kadang orang malas tahu. Jadi itu tidak semuanya warga Inauga yang buang disl situ, ada warga dari luar yang buang, sudah beberapa kali RT dong su tangkap,” pungkasnya.

Advertisements
penulis : Anya Fatma
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *