Dinkes Evaluasi Tata Kelola, Pendapatan Puskesmas BLUD Capai Rp1 Miliar

Evaluasi tata kelola Puskesmas BLUD di Hotel Horison Ultima Timika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Evaluasi tata kelola Puskesmas BLUD di Hotel Horison Ultima Timika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah melakukan evaluasi tata kelola Puskesmas badan layanan umum daerah (BLUD).

Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Reynold Ubra mengatakan, evaluasi dilakukan secara berkala terhadap Puskesmas BLUD.

Terlebih di tahun ini, Pemkab Mimika berkomitmen memberikan anggaran operasional untuk Puskesmas.

Reynold mengatakan, yang saat ini dilihat ialah bagaimana kesesuaian Peraturan Menteri Dalam Negeri terentang tata kelola Puskesmas BLUD.

Untuk itu, pihaknya sudah melakukan beberapa langkah, yaitu melakukan konsultasi dengan BPKP Provinsi Papua, melakukan validasi data-data dan program sesuai rencana strategis yang sudah dilakukan.

Kemudian, alokasi anggaran dari Pemkab untuk Puskesmas apakah melalui belanja langsung atau belanja tidak langsung.

Ini karena ada ketidaksesuaian Pemendagri dan Permenkeu terkait tata kelola Puskesmas BLUD.

“Tapi tim BPKAD sudah melakukan konsultasi terkait ini dengan Kemendagri dan Kemenkeu, dan saya pikir sudah ada solusinya,” kata Reynold di Timik, Senin (12/6/2023).

Pada evaluasi ini, Reynold mengatakan pihaknya juga melakukan rekonsiliasi pendapatan asli daerah (PAD) dari Puskesmas BLUD yang dalam rekening daerah tercatat sebagai penerimaan daerah.

“Sistem yang sudah dibangun Pemda terkait degan penerimaan itu sudah sangat baik. Kami beradaptasi dengan sistem yang ada jadi kami dukung,” katanya.

Untuk penerimaan di Puskesmas BLUD sendiri seperti Puskesmas Timika sudah mencapai Rp1 miliar, sedangkan Puskesmas lainnya penerimaannya sebesar Rp300 juta.

“Ituntercatat sebagai penerimaan daerah, kemudian sesuai prinsip BLUD itu dikelola lagi oleh Puskesmas,” pungkasnya.

Saat ini sudah lima Puskesmas di Kabupaten Mimika yang menjadi badan layanan umum daerah (BLUD) diantaranya, Puskesmas Timika, Puskesmas Timika Jaya, Puskesmas Karang Senang, Puskesmas Wania dan Puskesmas Pasar Sentral.

 

penulis : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *