Disarankan Seleksi CPNS Kuota 274 Terbuka untuk Umum dan Fresh Graduate

Kepala Kantor Regional IX Badan Kepegawaian Nasional Papua, Sabar P Sormin saat ditemui wartawan di SMPN 2 Mimika, Kamis (23/11/2023). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)
Kepala Kantor Regional IX Badan Kepegawaian Nasional Papua, Sabar P Sormin saat ditemui wartawan di SMPN 2 Mimika, Kamis (23/11/2023). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Kepala Regional IX Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jayapura, Sabar Parlindungan Sormin menyarankan agar seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) kuota 274 terbuka untuk umum.

Sabar saat ditemui wartawan di Gedung SMPN 2 Mimika, pada Kamis (23/11/2023) usai membuka tes Computer Assisted Test (CAT) bagi CPPPK mengatakan, dengan dibukanya kuota 274 untuk umum maka memberikan kesempatan bagi mereka para fresh graduate atau mereka yang baru lulus kuliah dan belum memiliki pengelaman kerja bisa ikut mendaftar.

Menurut Sabad kuota tersebut akan menjadi peluang bagi lulusan baru untuk ikut membangun daerahnya.

“Saya sarankan terbuka untuk umum, jangan ambil prioritas bagi mereka yang honorer, kasih kesempatan bagi mereka yang baru tamat ini bisa melamar, kasian mereka kuliah untuk apa kalau melamar saja tidak dapat, karena dunia kerja lain sekarang harus punya masa kerja, sedangkan mereka yang fresh graduate belum punya pengalaman kerja,” ujarnya.

Kata Sabar, adanya kesempatan bagi mereka yang baru lulus juga untuk mengimbangi kompetensi honorer dengan mereka dari jalur umum.

“Jangan sampai pegawai di Mimika semua berasal dari mantan honorer,” tegasnya.

Sabar pun mendorong Pemerintah Kabupaten Mimika untuk segera membuka formasi untuk kuota 274.

Ia juga menyingung terkait kebijakan Pemerintah pusat menghapus honorer yang menurutnya malah akan menjadi kesempatan bagi mereka yang telah menjadi honorer untuk diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Soal kebijakan pemerintah pusat menghapus honorer sudah pasti semua honorer akan diangkat, semua itu yang tentunya sudah memenuhi persyaratan yang berlaku, termasuk masa kerja dan lainnya,” tutupnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Siti Gabena Hasibuan

    Assalamu’alaikum pak / Ibu mohon izin

    Balas
Sudah ditampilkan semua