Distrik Mimika Baru Cegah Peningkatan Penyebaran ASF dan Polio

Pertemuan Kepala Distrik dan Lurah di Kantor Distrik Mimika Baru. (Foto: Ist)
Pertemuan Kepala Distrik dan Lurah di Kantor Distrik Mimika Baru. (Foto: Ist)

TIMIKA | Pemerintah Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mulai melakukan pencegahan peningkatan penyebaran virus African Swine Fever (ASF) dan Polio di wilayah distrik.

Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti edaran bupati terkait penanganan ASF dan Polio di tingkat distrik dan kelurahan. Untuk menindaklanjuti itu, Kepala Distrik Mimika Baru, Joel Luhukay melakukan pertemuan dengan kepala-kepala kelurahan di Kantor Distrik Mimika Baru, Jumat (23/2/2024).

Joel mengatakan, penanganan ASF dan Polio bisa dilakukan dengan memperbanyak informasi tentang penyebab dan gejala virus terswbut.

Advertisements

“Jadi saya tekankan ke lurah lurah untuk sampaikan informasi kepada warga melalui ketua-ketua RT setempat ,” kata Joel.

Lanjutnya, jika ada warga yang sakit atau hewan ternak babi yang sakit bisa langsung dilaporkan ke RT untuk kemudian RT melaporkan ke kelurahan atau langsung ke fasilitas kesehatan terdekat. Ini dilakukan agar bisa mengurangi kasus ASF yang sudah cukup banyak menyerang hewan ternak.

“Kalau ada kedapatan di lingkungan mereka, warga langsung lapor ke RT dan ke lurah. Jadi ini sudah harus penanganan serius berdasarkan himbauan bupati,” tuturnya.

Ia menambahkan, lurah-lurah kata dia sudah melakukan langkah-langkah sebelumnya dengan berkoordinasi dengan peternak untuk memisahkan hewan ternak babi yang sakit dengan yang sehat.

“Peternak babi juga kalau begitu harus cepat lapor ke lurah untuk ambil langkah,” pungkasnya.

penulis : Anya Fatma
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan