Dukung Program Pemerintah, Kerjasama Pemda Asmat dan Lanal Timika Jaring 96 Warga Divaksinasi

ANTRE | Warga Asmat mengantre ikut vaksinasi yang diadakan Pemkab Asmat bersama Posal Lanal Timika, Selasa (19/4/2022). (Foto: Ist)
ANTRE | Warga Asmat mengantre ikut vaksinasi yang diadakan Pemkab Asmat bersama Posal Lanal Timika, Selasa (19/4/2022). (Foto: Ist)

TIMIKA | Sebanyak 96 warga di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua, menerima vaksinasi dosis pertama, kedua dan ketiga atau boster yang dilaksanakan Dinas Kesehatan setempat bersama Posal Lanal Timika, Selasa (19/4/2022).

Komandan Lanal (Danlanal) Timika, Letkol Laut (P) Apriles Lusien Sukirno dalam keterangan tertulis yang diterima Seputarpapua.com mengatakan, Lanal Timika akan terus bersama Pemerintah melaksanakan program vaksinasi kepada masyarakat.

Hal tersebut sejalan dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Yudo Margono, yang selalu menekankan kepada prajurit agar menjadi contoh dan teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan Covid-19.

Hal itu juga agar masyarakat bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru atau The New Normal, baik di lingkungan TNI AL maupun di masyarakat.

“Kami bersama pemerintah akan terus melaksanakan vaksinasi,” kata Danlanal.

Menurut Danlanal, cakupan vaksinasi merupakan program Pemerintah Pusat yang harus dilaksanakan di tingkat daerah, seperti yang dilakukan Lanal Timika di wilayah kerjanya baik di Kabupaten Mimika maupun di Kabupaten Asmat demi terwujudnya Herd Immunitty.

“Vaksinasi ini program pemerintah, jadi kami selalu siap melaksanakannya,” ujarnya.

Ia mengakui, sejauh ini cakupan vaksinasi belum memenuhi target lantaran berbagai hal. Namun, menjadi tugas Pemerintah Daerah bersama Lanal Timika untuk turun langsung ke masyarakat guna mensosialisasikan pentingnya vaksinasi, sekaligus mengajak warga untuk divaksin.

“Selama ini anggota Babinpotmar Lanal Timika gencar mensosialisasikan pentingnya vaksinasi bagi masyarakat,” katanya.

Danlanal juga menghimbau kepada masyarakat agar bersedia divaksin, dengan harapan Covid-19 yang sudah zero “nol” bisa dipertahankan. Dengan kata lain, penularannya bisa ditekan, karena masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh.

“Jangan takut divaksin, vaksin itu baik supaya memutus penularan Covid-19,” ajak Danlanal.

Sebanyak 96 warga yang berhasil divaksin setelah sebelumnya dilakukan screening oleh tim kesehatan. Hasilnya, untuk vaksin dosis pertama yang menggunakan vaksin Sinovac ada sebanyak 22 orang, dosis kedua mengunakan vaksin Moderna sebanyak 10 orang, dan dosis ketiga menggunakan vaksin Pfizer sebanyak 64 orang.

reporter : Saldi
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.