Fokus Anak dan Pemuda, Program Beasiswa YPMAK Biayai 1.171 Peserta

Peserta program beasiswa YPMAK foto bersama usai yudisium. (Foto: Dok Humas YPMAK)
Peserta program beasiswa YPMAK foto bersama usai yudisium. (Foto: Dok Humas YPMAK)

TIMIKA | Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) anak-anak asli Amungme dan Kamoro serta lima suku kekerabatannya di Mimika melalui pendidikan, terus diupayakan dan dilakukan Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK).

Divisi Humas YPMAK dalam keterangannya menyampaikan, salah satu program yang dijalankan YPMAK selaku pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia (PTFI) melalui Divisi Pendidikan, adalah fokus anak dan pemuda.

Tujuan fokus kerja anak dan pemuda yaitu mendukung dari segi pembiayaan studi dan pendampingan untuk siswa pada jenjang SMP dan SMA/SMK. Bagi mahasiswa program S1, ada pemberian beasiswa bagi mereka asli suku Amungme dan Kamoro serta lima suku kekerabatan lainnya.

Melalui program tersebut, YPMAK di tahun 2023 telah membiayai 1.171 peserta program beasiswa yang tersebar di 29 institusi pendidikan di seluruh Indonesia sebagaimana penerima beasiswa YPMAK terbagi menjadi dua, yaitu penerima beasiswa kemitraan dan penerima beasiswa umum.

Penerima beasiswa kemitraan yaitu peserta beasiswa melakukan studi di universitas atau institusi pendidikan yang bekerjasama dengan YPMAK, sementara peserta beasiswa umum yaitu peserta beasiswa melakukan studi di universitas yang bukan menjadi mitra YPMAK.

Jumlah penerima beasiswa kemitraan ada sebanyak 807 peserta, sedangkan umum sebanyak 364 peserta, dengan rincian wilayah timur (Papua dan Ambon) ada sebanyak 247 peserta, wilayah tengah (Sulawesi) sebanyak 216 peserta, wilayah barat Jawa Timur sebanyak 91 peserta, wilayah barat Jawa Tengah sebanyak 397 peserta, dan wilayah barat DKI Jakarta dan Jawa Barat sebanyak 220 peserta.

Laporan pencapaian Divisi Program Pendidikan pada tahun 2023 ada sebanyak 86 peserta beasiswa jenjang perguruan tinggi telah lulus, demikian juga 190 peserta beasiswa jenjang sekolah tingkat pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA).

Kemudian dana bantuan tugas akhir (DBTA). Ini diberikan kepada mahasiswa Papua secara keseluruhan yang sesuai dengan kriteria dan diatur dalam buku pedoman beasiswa. Pada tahun 2023, melalui Divisi Pendidikan, YPMAK memberikan DBTA kepada 41 mahasiswa.

Taka hanya itu, ada juga dukungan pendidikan di Kabupaten Mimika. Selain memberikan beasiswa untuk anak-anak Amungme-Kamoro dan lima suku kekerabatan lainnya studi di luar Kabupaten Mimika, YPMAK juga memberi dukungan pendidikan bagi 225 orang mahasiswa yang kuliah di lima institusi pendidikan di Kabupaten Mimika.

YPMAK bekerjasama dengan lima perguruan tinggi di Mimika seperti Universitas Timika (UTI), Politeknik Kesehatan Mimika, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Jambatan Bulan, Sekolah Tinggi Teologia Russel Timika dan PGSD Uncen Timika. Pada tahun 2023, lima mahasiswa di Mimika telah lulus dan diwisuda pada Oktober dan November 2023.

penulis : Mujiono
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. Darlince Murib

    Mahasiswi PGSD

    Balas
  2. Darlince Murib

    Mahasiswi PGSD
    Angkatan 2020

    Balas
Sudah ditampilkan semua