Gangguan Jaringan Optik Tak Berdampak Proses Tender Online di Pemkab Mimika

Telkom: Perbaikan Kabel Optik Biak Segera Rampung
Ilustrasi

TIMIKA | Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Pemkab Mimika, Bambang Wijaksono, mengatakan bahwa proses tender online menggunakan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) tidak berdampak pada gangguan jaringan fiber optik bawah laut yang rencana dilakukan pada 24 Februari 2023.

Bambang menjelaskan pihaknya menggunakan ASTINet yang terintegrasi langsung dengan satelit, sehingga masih bisa menggunakan jaringan dari Telkom ketika terjadi gangguan pada jaringan fiber optik.

“Kemarin Kasubag Sistem sudah komunikasi langsung dengan Telkom, karena kalau memang kita tidak ada informasi valid apakah gangguan itu kita terdampak atau tidak, sehingga kami pastikan dulu. Artinya kalau terdampak kan kita bisa beri informasi ke OPD prosesnya (tender) itu sementara di pending,” jelas Bambang ketika di temui di ruang kerjanya, Kamis (23/2/2023).

Sehingga, kata Bambang, proses untuk PBJ bagi OPD yang sudah siap melaksanakan tender paket pekerjaan, bisa dilaksanakan.

“Jadi tidak berpengaruh, kecuali tahun kemarin kita masih pakai IndiHome, memang terdampak pasti. Tapi kita pakai ASTINet, sehingga syukur tidak berdampak, proses tendernya tidak mengalami kendala dan jadwal yang sudah dibuat oleh teman-teman OPD maupun Pokja PBJ tidak akan berpengaruh,” ungkapnya.

Namun pihaknya pun akan terus memperbaharui informasi ke Telkom untuk lebih memastikan lagi terkait jaringan internet.

“Saya sampaikan agar terus monitor dan update informasi, jangan sampai kita bilang tidak berpengaruh tapi di lapangan berpengaruh, karena proses tendernya kan dilakukan oleh teman-teman Pokja, tidak lagi di OPD sehingga mereka bekerja juga di kantor ini (PBJ),” terangnya.

Pokja PBJ menangani proses tender, sementara pekerjaan yang bersifat pengadaan langsung dari masing-masing OPD.

Sehingga, untuk mengantisipasi jangan sampai disaat-saat mendesak OPD melakukan pengadaan langsung, maka OPD bisa bekerja atau nebeng mengunakan jaringan di ASTINet di Bagian PBJ.

“Bagi OPD yang mau melaksanakan pengadaan langsung yang mendesak, nanti bisa nebeng untuk menggunakan jaringan kita (PBJ) disini selama gangguan, (itu) jika OPD tidak merasa kerepotan bekerja di sini,” pungkasnya.

penulis : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *