Geliat Futsal dan Hiburan Masyarakat di Mimika

Foto: Pertandingan Futsal Demon Nara Cup II yang digelar di GOR Futsal Mimika, Minggu (12/3/2023). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)
Foto: Pertandingan Futsal Demon Nara Cup II yang digelar di GOR Futsal Mimika, Minggu (12/3/2023). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Olahraga futsal cukup populer di Mimika. Olahraga sepakbola mini, yang pertama kali dimainkan di Uruguay pada 1930 silam tersebut, mempertemukan dua tim berisikan 5 orang dalam waktu 2×20 menit di lapangan berukuran ukuran 25m x 15m.

Akhir-akhir ini geliat olahraga yang dicetuskan oleh Juan Carlos Ceriani di Mimika mulai kembali terasa. Dua turnamen digelar di Gedung Olahraga Futsal Mimika di Jalan Sp2-Sp5.

Turnamen yang pertama adalah KKJB Cup II kemudian Demon Nara Cup II tahun 2023. Kedua turnamen tersebut digelar oleh kerukunan  Jawa dan Nusa Tenggara Timur (NTT) yang ada di Kabupaten Mimika.

Pada pertandingan Demon Nara Cup II yang digelar pada Minggu (12/3/2023) di GOR Futsal Mimika, terlihat masyarakat memenuhi tribun yang menjadi saksi Tim Futsal Putra Papua Juara PON XX tersebut.

Mereka bergoyang bersorak dan berteriak seolah sejenak melupakan rasa panas di dalam GOR karena sesaknya penonton.

Anak-anak kecil perempuan dan laki-laki dengan bebas berlari-lari memutari tribun penonton, terkadang mereka juga ikut bersorak meski tidak tahu bagaimana jalanya pertandingan karena sibuk bermain.

Pertandingan futsal yang digelar seolah menjadi hiburan bagi masyarakat. Hal tersebut diakui  Ken (14), pemuda yang tinggal di Gang Komodo, Kelurahan Timika Indah itu datang ke GOR bersama keluarga untuk menyaksikan pertandingan sebagai hiburan akhir pekan.

“Lumayan lah kak, ada hiburan lain, soalnya di Mimika ini kan tidak ada hiburan lain lagi selain wisata sungai, atau ke Kuala Kencana sama ke Mall,” katanya.

Pertandingan futsal kata Yoseph (29) yang juga datang bersama keluarga bahkan keponakannya mengaku ajang olahraga merupakan salah satu alternatif hiburan bagi masyarakat

“Di Mimika ini kan cukup sulit mencari tempat untuk liburan, paling tidak kan ke pusat perbelanjaan, nonton turnamen begini kan jarang,” katanya.

Ditanya soal harapan agar digelar ajang serupa ditingkat Kabupaten, Yoseph mengungkapkan antusiasmenya.

“Kalau bisa boleh, ajang seperti ini kan bisa buat hiburan, tetapi juga berguna buat perkembangan pemain futsal di Mimika,” katanya sembari menggendong salah seorang keponakannya.

Sorakan kembali menggemuruh dari para suporter yang berada di belakang gawang, karena tim yang mereka dukung berhasil mencetak gol.

Seperti diketahui selain sepakbola, Futsal merupakan salah satu cabang olahraga yang berprestasi di Mimika, yang terbaru dalam liga Nusantara yang digelar di Jayapura, sehingga berhak mewakili Papua di ajang serupa ditingkat nasional.

 

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *