Hari Ini Terjadi Gerhana Bulan Total, Ini Pesan Kemenag dan MUI Mimika

Kasi Pendidikan Binmas Islam, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mimika, Muslimin S.Ag. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Kasi Pendidikan Binmas Islam, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mimika, Muslimin S.Ag. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Gerhana Bulan Total diprediksi akan terjadi pada hari ini, Selasa (8/11/2022). Puncak gerhana diperkirakan mulai pukul 19.59.11 WIT.

Kasi Pendidikan Binmas Islam pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mimika, Muslimin S.Ag, mengimbau agar umat muslim di Mimika melakukan salat gerhana.

Salat gerhana sendiri dapat dilaksanakan di masjid-masjid yang ada di Kabupaten Mimika.

“Diimbau kepada masjid-masjid mengadakan salat karena gerhana terjadi pada pukul tujuh malam, sehingga dilaksanakan sebelum jam 7 diawali dengan khotbah lalu masuk dalam pelaksanaan salat dua rakaat,” kata Muslimin yang ditemui di ruang kerjanya Kantor Kemenag Mimika, Selasa (8/11/2022).

Muslimin menerangkan, gerhana bulan yang terjadi merupakan fenomena alam atas kekuasaan Allah SWT, sehingga semua umat muslin harus mensyukurinya.

“Jadi kami harapkan kepada masjid-masjid melaksanakan salat seperti biasa kita laksanakan baik saat gerhana bulan maupun gerhana matahari,” katanya.

Ia berharap dengan momen fenomena alam yang terjadi ini, umat islam mensyukuri karya Allah SWT dengan cara lebih mendekatkan diri.

“Sehingga kami mengajak semua umat islam untuk mensyukuri dan menyikapi, sebab ini adalah kuasa Allah SWT,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ustadz Muhammad Amin Ar, S.Ag menyerukan beberapa hal kepada umat islam di Mimika.

Seruan MUI kepada umat dalam fenomena gerhana bulan total ini juga untuk mengadakan salat gerhana bagi di masjid-masjid.

“Khotbah salat gerhana untuk mengingatkan manusia akan kebesaran Allah SWT, bahwa gerhana bulan adalah fenomena alam semesta,” katanya.

Salat gerhana bulan, kata Ustadz Amin, boleh dilakukan sejak waktu yang telah dikeluarkan oleh BMKG sampai akhirnya.

“Kita jaga silaturahim dan banyak sedekah. Dalam islam, gerhana bulan dan matahari adalah tanda-tanda kekuasaan Allah SWT,” pungkasnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.