Jhon Stingal Klaim Lemasa Dipimpinnya Sah Keluarkan Rekomendasi DPRK

Stingal Jhonny Beanal
Stingal Jhonny Beanal

TIMIKA | Direktur Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (Lemasa) Stingal Jhonny Beanal mengklaim bahwa Lemasa yang dipimpinnya berhak dan sah untuk mengeluarkan surat rekomendasi bagi calon-calon yang ingin maju pada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau Kabupaten (DPRK).

Kata dia, Lemasa yang dipimpinnya sudah memiliki kekuatan hukum tetap berdasakan SK Kemenkum HAM.

“Lemasa yang dipimpinnya ini memiliki kekuatan hukum kuat dan sudah terdaftar pada lembaran negara melalui Kementerian Hukum dan HAM,” kata Jhon di Kantor Lemasa, Jumat (22/3/2024).

Menurutnya, Lemasa yang dipimpinnya adalah lembaga adat yang berdiri sejak puluhan tahun lalu, dan didirikan oleh Almarhum Thom Beanal beserta orang tua lainnya.

“Dengan demikian, Lemasa yang dipimpinnya tidak dibuat-buat. Lemasa ini memiliki jati diri, Lemasa ini punya honai, Lemasa ini dibentuk untuk kita semua, dan untuk menampung masyarakat,” katanya.

“Jadi Lemasa yang dipimpinnya berhak untuk memberikan rekomendasi kepada calon-calon yang ingin masuk ke DPRK. Bukan Lemasa yang lain, karena itu keliru,” ujar Jhon.

Jhon menambahkan, penjaringan calon anggota DPRK dari Lemasa akan dikeluarkan setelah adanya Pansel yang dibentuk Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

“Tim Pansel aja belum terbentuk dan Kesbangpol belum umumkan. Kami akan berikan rekomendasi kepada siapapun, yang penting punya tujuan dan visi-misi jelas,” ujarnya.

 

penulis : Mujiono
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Opien Murib

    Setuju pak

    Balas
Sudah ditampilkan semua