Kapolda Papua: Ulah Egianus Kogoya Bikin Sulit Saudaranya di Nduga

Egianus Kogoya dan Kelompoknya
Egianus Kogoya dan Kelompoknya

TIMIKA | Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri mengatakan ulah pimpinan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Egianus Kogoya secara tidak langsung telah menyusahkan saudaranya sendiri, yaitu masyarakat Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Egianus dinilai menyusahkan saudaranya lantaran aksi-aksi kriminal yang telah dilakukan. Terakhir aksi pengancaman pekerja puskesmas dan pembakaran pesawat Susi Air di Lapangan Terbang Distrik Paro, Kabupaten Nduga pada Selasa, 7 Februari 2023.

“Kelakuan Egi membuat sulit saudara-saudaranya sendiri. Kasihan pesawat itu melayani ekonomi dan logistik dikampung-kampung,” kata Kapolda di Timika, Rabu (15/2/2023).

Fakhiri berharap Egianus Kogoya bisa berpikiran dengan baik untuk saudara-saudaranya di Nduga, tidak berpikir untuk dirinya sendiri.

“Apakah dia ini sebagai anak kampung? Anak warga Nduga yang baik? Saya pikir dia tidak. Dia menyengsarakan saudara-saudaranya,” ujar Kapolda.

Sebelumnya, Polda Papua merilis aksi-aksi kejahatan yang dilakukan kelompok Egianus Kogoya selama kurang lebih 5 tahun belakangan, kurun waktu tahun 2017 hingga 2023.

Polisi mencatat telah terjadi 65 kali aksi kejahatan yang dilakukan Egianus Kogoya bersama kelompoknya. Kejahatan yang dilakukan terdiri dari 31 aksi penembakan, 16 aksi kontak tembak, 8 aksi penyerangan, 3 aksi pembantaian serta 2 aksi pembakaran.

Tak hanya itu, kelompok Egianus Kogoya juga tercatat pernah melakukan aksi pembunuhan, pemerkosaan, penganiayaan, pengancaman, dan terakhir aksi penyanderaan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *