Kebanggaan Papua, Tonci Ramandey Perkuat Timnas U-17 Indonesia

Kebanggaan Papua, Tonci Ramandey Perkuat Timnas U-17 Indonesia
Tonci Ramandey tengah berlatih. (Foto: PSSI)

JAYAPURA | Tim nasional (Timnas) sepakbola Indonesia U-17 akan menghadapi Ekuador pada laga pertama Piala Dunia U-17 tahun 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat besok, 10 November 2023. Garuda muda besutan Bima Sakti masuk grup A bersama timnas Ekuador, Panama dan Maroko.

Dari 21 pemain yang masuk dalam skuad timnas U-17 ini, ada salah satu nama anak Papua, yakni Tonci Shouter Israel Ramandey. Dia merupakan pemain jebolan PPLP Papua ini dipercayakan untuk membela sepakbola tanah air dalam iven bergengsi dunia ini.

Selain jebolan PPLP Papua, pemain kelahiran Jayapura, 12 Maret 2006 yang memiliki tinggi 180 cm ini mengawali karir sepakbola dari SSB Orion Sentani. Kini Bima Sakti mempercayakan Tonci panggilan akrabnya untuk mengawal pertahanan timnas Indonesia U-17.

Pelatih Timnas U-17 Indonesia, Bima Sakti, menginginkan para pemainnya bermain lepas dan tidak ingin membebani tim dengan target tinggi pada Piala Dunia U-17 2023.

“Yang pasti saya tidak mau terlalu membebani pemain. Yang pasti mereka juga sadar ini kesempatan yang langka,” ujar Bima Sakti yang dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis (9/11/2023).

Dikatakannya, jika tim ingin lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023, Indonesia harus menjadi juara grup, runner-up, dan jalur tim peringkat ketiga terbaik yang hanya ada empat kuota.

“Mereka sudah tahu tugas dan tanggung jawab. Selalu fokus dalam setiap pertandingan dan siap memberikan yang terbaik,” harap Bima Sakti.

Sementara pelatih SSB Orion Sentani Raymond Sokoy mengungkapkan rasa bangga dengan keberadaan pemainnya itu membela tanah air. Dia harapkan Tonci bisa memberikan penampilan terbaik demi kebanggaan Indonesia maupun tanah Papua.

“Tonci ini pemain binaan Orion Star, dia bergabung sejak usia 8 tahun. Tonci bisa bermain sebagai bek tengah atau gelandang, tentu kita bangga bisa memperkuat Indonesia di piala dunia ini, suatu penghargaan besar bermain di piala dunia,” ujar Raymond di Kota Jayapura, Papua.

Usai timnas Indonesia U-17 melakoni laga melawan Ekuador besok, berselang tiga hari, pada Senin 14 November akan melakoni laga melawan Panama, dan Maroko pada Kamis 16 November mendatang di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur.

Ini daftar pemain timnas Indonesia U-17 besutan Bima Sakti pada Piala Dunia U-17 tahun 2023.

Kiper: Ikram Algiffari (PPLP Sumbar), Andrika Fathir (Borneo FC), Rifky Tofani (PPOP DKI Jakarta).

Belakang: Rizdjar Nurviat (Borneo FC), Tonci Ramandey (PPLP Papua), Mohamad Andre (Bali United), Welberlieskott Jardim (Sao Paulo), Sultan Zaky (PSM Makassar), Habil Abdillah (PPLP Jateng), M. Iqbal Gwijangge (Barito Putera).

Tengah: Achmad Zidan (PSS Sleman), Mokhamad Hanif (Cipta Cendekia), Figo Dennis (Persija Jakarta), Muhammad Kafiatur (Dewa United), Ji Da Bin (ASIOP), Amar Brkic (TSG 1899 Hoffenheim), M. Riski Afrisal (Madura United), M. Nabil Asyura (Persija Jakarta), Jehan Pahlevi (Persija Jakarta).

Depan: Arkhan Kaka (Persis Solo), M. Aulia Rahman (Persita Tangerang).

penulis : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *