Kirab Api PON XX Papua Klaster Mimika Dimulai dari Kuala Kencana

Ruas jalan di Kuala Kencana yang akan digunakan sebagai Venue Maraton, Jalan Cepat 10K dan 20K. (Foto: Corcomm PTFI)
Ruas jalan di Kuala Kencana yang akan digunakan sebagai Venue Maraton, Jalan Cepat 10K dan 20K. (Foto: Corcomm PTFI)

TIMIKA | PB PON XX Papua Sub Mimika siap menggelar Kirab Api PON XX Klaster Mimika, Selasa, 28 September 2021.

Ketua Bidang Upacara PB PON XX Papua Sub Mimika, Handry K. Titaley menjelaskan, perjalanan obor ‘api abadi’ di Mimika akan dimulai dari Bandara Mozes Kilangin menuju Pendopo Negara di Kelurahan Karang Senang, SP 3, Timika, Kabupaten Mimika.

“Di sana, Mantan Atlet Atletik dan Pemegang Rekor Dasalomba, Yulius Uwe akan menyerahkan obor kepada Bupati Mimika kemudian menyemayamkan api di Pendopo. Selanjutnya, api akan dikirab di venue-venue pertandingan,” terang Handry di Timika, Sabtu (25/9/2021).

Kirab api akan dimulai (start) dari Kuala Kencana yang merupakan Venue Atletik untuk nomor pertandingan Maraton, Jalan Cepat 10K dan Jalan Cepat 20K.

Handry mengakui, kirab api dimulai dari Kuala Kencana merupakan simbol apresiasi kepada PT. Freeport Indonesia (PTFI) atas kontribusinya terhadap olahraga Papua, khususnya Mimika.

“Kontribusi PTFI menjelang PON ini luar biasa, harus kita akui dan apresiasi. PTFI bahkan membangun MSC yang akan digunakan sebagai venue Atletik dan Basket,” kata Handry.

 

Kuala Kencana merupakan salah satu area PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika. (Foto: Corcomm PTFI)

 

Usai dikirab di Kuala Kencana, obor api PON XX akan dikirab di Climbing Venue, MSC, GOR Futsal, GSG Eme Neme Yauware dan akan berakhir di Lapangan Pentas Seni di Eks Pasar Sentral Timika.

“Tujuannya itu untuk menyemangati para atlet yang sedang dan akan bertanding di PON XX Papua ini, kata Handry.

Pantauan Seputarpapua.com, Kuala Kencana yang merupakan area pemukiman dan industri Low Land kini sudah dihiasi oleh pernak-pernik PON XX.

Pengawasan terhadap protokol kesehatan dan keamanan juga semaik ditingkatkan sejak masuk dari Check Point.

Di alun-alun Kuala Kencana juga dipasang spot foto Drawa dan Kangpho. Pengunjung dapat melakukan foto selfie untuk kenang-kenangan sambil menikmati udara sejuk di kota yang penuh tanaman asri itu.

Vice President PT Freeport Indonesia Bidang Hubungan Pemerintah, Jonny Lingga mengutip penilaian Technical Delegate (TD) Cabor Atletik PON XX, mengatakan, Kuala Kencana merupakan venue atletik yang paling bersih dan bebas polusi udara.

“Lari Maraton dan Jalan Cepat akan digelar di kawasan Kuala Kencana. TD cabor atletik menyebutkan bahwa tempat itu merupakan tempat atau venue maraton terbaik dan terindah di Indonesia, karena lingkungan dan udaranya yang bersih,” terang Jonny, Senin, 13 September 2021 lalu.

reporter : Yonri
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.