Konferensi Sinode XI Kingmi Pecahkan Rekor MURI Bakar Batu 2500 Ekor Babi

REKOR | Penyerahan piagam Rekor MURI oleh Senior Manager MURI Awan Rahargo. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
REKOR | Penyerahan piagam Rekor MURI oleh Senior Manager MURI Awan Rahargo. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Konferensi Sinode XI Gereja Kemah Injil (Kingmi) se-Tanah Papua yang berlangsung di Kabupaten Mimika selama 6 hari memecahkan rekor MURI.

Konferensi yang diketuai Bupati Puncak Wilem Wandik itu memotong babi sebanyak 2.500 ekor babi untuk acara bakar batu pada pembukaan dan sampai dengan acara penutupan konferensi.

Penghargaan itu diberikan oleh Senior Manager MURI Awan Rahargo kepada Bupati Puncak, Bupati Mimika dan para hamba Tuhan dihadapan ribuan warga jemaat Kingmi dari 92 Klasis se-Tanah Papua di Halaman Gereja Kingmi Marthen Luther Jalan Mile 32 Timika, Sabtu (6/11/2021).

Awan Rahargo saat diwawancara mengatakan rekor ini memecahkan rekor bakar batu terbanyak sebelumnya di tahun 2014 pada pelantikan Bupati Mimika Eltinus Omaleng sebanyak 200 ekor babi

Menurutnya, acara bakar batu dalam iven lima tahunan itu tercatat sebagai kriteria super latif.

“Dan hari ini yang terbanyak yang dilaksanakan selama enam hari. Selama enam hari ini terhitung sebanyak 2.500 lebih ekor babi,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Konferensi Sinode XI Kingmi, Willem Wandik mengatakan, kegiatan yang merupakan milik orang Papua ini berhasil mencetak sejarah baru di Tanah Papua.

Ini menunjukkan pesta adat Papua terbesar dengan memasak ribuan babi.

“Pemotongan ini bukan karena dilihat dari sisi lain, tapi karena itu sebagai pengorbanan dan penghormatan. Dan tentu merasa bahwa gereja itu penting,” ucap Wandik.

Ia mengungkapkan, babi yang dipotong bukan hanya disediakan oleh panitia, tetapi juga dari berbagai kabupaten yang ada sebagai rasa memiliki gereja Kingmi.

“Mereka merasa bertanggung jawab. Kingmi kita punya,” tuturnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.