KPU Mimika Lantik PPD Penyelenggara Pilkada 2024

Suasana pelantikan PPD di Hotel Horison Diana, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Kamis (16/5/2024). Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua

TIMIKA, Seputarpapua.com | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika melantik anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD) atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebagai badan Adhoc untuk membantu kelancaran penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Mimika tahun 2024 dengan sejumlah tugas-tugasnya.

Pelantikan PPD oleh KPU Mimika berlangsung di Hotel Horison Diana, Kamis (16/5/2024).

Ketua KPU Mimika Dete Abugau mengatakan, pelantikan PPD berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 tahun 2022.

Menurut Dete, PPD atau PPK memiliki peranan penting untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) menjelang Pilkada Mimika tahun 2024.

“Untuk Mimika terdapat 18 distrik/kecamatan, PPK masing-masing terdiri dari 5 orang, 1 orang ketua merangkap anggota dan 4 orang anggota,” katanya.

Dete menekankan agar semua pihak bisa menjaga komunikasi dan koordinasi sehingga penyelenggaraan Pilkada bisa menghasilkan pemimpin yang baik.

“Tadi kita sudah membaca pakta integritas juga, mengikuti sumpah dan janji itu sudah kita harus pegang,” ungkapnya.

Ia berharap PPD yang sudah dilantik bisa membantu tugas KPU Kabupaten Mimika dalam pelaksanaan Pilkada Mimika 2024.

“Tidak boleh ada kepentingan luar, orang mau atur kita, itu tidak boleh. Sudah janji, pendeta sudah doa. Pentingnya koordinasi, tidak paham berarti bisa bertanya ke bagian-bagian yang ada di KPU kabupaten,” ujarnya.

Koordinator Divisi (Koordiv) Data dan Informasi KPU Mimika, Budiono, berpesan agar para PPD bisa menyiapkan mental.

“Kita ini lembaga hirarkis, apapun keputusan tolong koordinasikan dengan koordinator wilayah,” tegasnya.

Ia pun mengingatkan PPD agar jangan pernah mengambil keputusan sendiri tanpa adanya komunikasi dengan KPU Mimika.

Advertisements

“Jika mau mengambil keputusan maka harus sesuai dengan aturan Undang-undang. Jika ragu-ragu maka harus berkomunikasi,” pungkasnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan