Legenda Atlet Dayung Papua Since Lithasova Yom Tutup Usia

Since Lithasova Yom (Foto: Ist)
Since Lithasova Yom (Foto: Ist)

JAYAPURA | Dunia olahraga tanah Papua dan Indonesia berduka, mantan atlet dayung perempuan asal Papua, Since Lithasova Yom meninggal dunia akibat kecelakaan pada, Selasa (2/4/2024) di Jakarta.

Perempuan asal Sentani, Kabupaten Jayapura ini tercatat mengabdikan dirinya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia sejak tahun 2019.

Semasa hidupnya, dia dikenal sebagai perempuan Papua yang memiliki prestasi membanggakan bagi dirinya dan timnas dayung Indonesia.

Sederetan prestasi gemilang pernah diraihnya semasa hidup, terakhir dia meraih medali perak di nomor andalannya Kano TBR 200 meter putri pada Asian Games 2018 silam di Jakarta.

Since sejatinya merupakan pedayung asal Papua, namun pada PON 2016 Jabar membela kontingen Banten. Pada nomor Kayak-1 500 meter putri hanya bisa meraih medali perak, dikalahkan Erni Sokoy yang juga atlet dayung Papua.

Pada Kejurnas Dayung 2017 di Palembang, Sumatera Selatan dua keping medali sekaligus digondong, yakni satu emas dan satu perunggu pada nomor spesial Kayak single putri (K-1) 200 meter dan 500 meter.

Prestasinya tak hanya disitu, pada Sea Games 2013 di Nyanmar nomor Kayak-4 500 meter putri, Since bersama Yulanda Esther Enthong, Kanti Santyawati, dan Erni Sokoy berhasil menyumbangkan medali perak bagi kontingen dayung Indonesia pada saat itu.

Pada tahun 2012 silam, menjadi kapten tim dayung Indonesia, Since meraih medali perak pada nomor 500 meter perahu naga Asian Beach Games III yang berlangsung di Zone Flat Water Sports Haiyang, China. Kala itu, tim putri Indonesia finis urutan kedua dari China dengan catatan waktu 2:08.159 detik.

Kepergian mantan atlet dayung asal Papua itu cukup mengejutkan Kemenpora. Dalam siaran persnya, Rabu (3/4/2024) ikut turut memberikan duka mendalam atas kehilangan sosok Since.

“Dunia olahraga Indonesia berduka kehilangan atlet berprestasi. Dia merupakan peraih medali emas SEA Games 2013 dan perak Asian Games 2018 Jakarta. Dan, Since tercatat sebagai ASN di Kemenpora,” kata Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Surono.

Sementara pada akun resmi KONI Kabupaten Tanggerang ikut berbelasungkawa, dalam postingannya, mengatakan bahwa Since adalah ikon cabang olahraga dayung Kabupaten Tanggerang dan Banten.

“Since berulang kali memperoleh medali emas untuk Kabupaten Tangerang pada ajang Porprov Banten. Atlet kelahiran Papua ini mempersembahkan 1 medali emas dan 3 medali perak untuk Banten pada ajang PON 2012 dan 2016,” pungkasnya.

penulis : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *