Lomba Kendaraan Hias Bakal Warnai Malam Takbiran di Timika

Mobil hias akan mewarnai pawai takbir keliling di Mimika. (Foto: Dok/Seputarpapua)

TIMIKA | Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Mimika, Papua Tengah kembali mengadakan pawai takbir keliling di tahun 2024 ini.

Pelaksanaan pawai takbir keliling sendiri akan digelar pada tanggal 9 April 2024 dengan start dan finish dari Gedung Eme Neme Yauware.

Sekretaris PHBI Mimika, Ardi mengatakan, pawai takbir keliling yang akan dilaksanakan pada malam Idul Fitri merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan PHBI Mimika tiap tahunnya.

Dimana tujuan dari pelaksanaan takbir keliling ini sebagai bentuk ucapan syukur atas pelaksanaan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Sekaligus sebagian bentuk syiar agama Islam.

“Selama 1 bulan penuh umat muslim di Mimika puasa, dan untuk merayakan kemenangan menyambut Idul Fitri kami (PHBI) menggelar pawai takbir keliling,” kata Ardi melalui sambungan telepon selulernya, Sabtu (23/3/2024).

Kata dia, untuk takbir keliling sendiri akan diikuti oleh seluruh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di Mimika, sekolah Islam, organisasi Islam, dan organisasi perangkat daerah (OPD). Namun untuk OPD tidak wajib, kita hanya mengundang saja.

“Untuk rute, mulai Gedung Eme Neme, Jalan Budi Utomo, Hasanuddin, Yos Sudarso, Cenderawasih (depan Polres Pelayanan), Budi Utomo (Diana Mall), dan kembali ke Eme Neme lagi,” katanya .

Untuk memeriahkan kegiatan tersebut, kata Ardi pihaknya akan melaksanakan lomba kendaraan giat yang pendaftarannya mulai dibuka tanggal 24 Maret sampai 6 April 2024.

Penilaian sendiri akan melihat hiasan mobil, suara takbiran (original bukan musik), dan seragam atau kekompakan tim dalam takbiran.

“Untuk juara akan diambil 8 juara, mulai juara 1, 2, dan 3. Kemudian harapan 1, 2,3,4, dan 5. Dengan total hadiah Rp30 juta,” tuturnya.

penulis : Mujiono
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *