Miliki Fasilitas Modern, Kapolda Papua Resmikan RS Bhayangkara TK IV Mimika

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri menandatangani prasasti peresmian RS Bhayangkara TK IV Mimika, Sabtu (2/3/2024). (Foto: Arifin Lolialang/Seputarpapua)
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri menandatangani prasasti peresmian RS Bhayangkara TK IV Mimika, Sabtu (2/3/2024). (Foto: Arifin Lolialang/Seputarpapua)

TIMIKA | Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri meresmikan Rumah Sakit (RS) Bhayangkara “Dhira Cartenz” TK IV Mimika yang terletak di Jalan Agimuga-Mile 32, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Sabtu (2/3/2024).

Di peresmian RS Bhayangkara ini Kapolda menyampaikan, berbagai peristiwa ataupun kejadian menonjol di wilayah hukum Polda Papua menyebabkan jatuhnya korban baik dari aparat keamanan maupun masyarakat.

Minimnya ketersediaan layanan kesehatan di Provinsi Papua Tengah mengisyaratkan bahwa betapa pentingnya fasilitas kesehatan yang lengkap, maupun rumah sakit dengan kesiapan sumber daya manusia dan fasilitas yang memadai untuk mengatasi kondisi darurat yang sering terjadi.

Advertisements

Karena itu, Kapolda sangat menghargai dan mengapresiasi pembangunan RS Bhayangkara ke dua ini di wilayah hukum Polda Papua yakni Provinsi Papua Tengah yang diinisiasi oleh Kepala Biro Perencanaan dan Analisa (Karo Rena), Kepala Bidang Dokter dan Kesehatan (Kabid Dokkes), serta Kepala Biro Perlengkapan (Karo Lek) Polda Papua sebagai pelaksananya.

“Sebelumnya saya telah membaca master plan Rumah Sakit Bhayangkara ini, saya melihat dibeberapa ruang dan peralatan yang ada, betul-betul tergolong modern, juga melihat dari semua sudut yang kita inginkan, ruang operasi juga sangat canggih, serta ruang rawat inap bersih dan nyaman. Tetapi senyaman apapun rumah sakit itu, tentunya kita semua lebih ingin sehat,” katanya.

Kedepannya, ungkap Kapolda, Mabes Polri melalui Polda Papua akan menginisiasi pembangun Rumah Sakit Bhayangkara berikutnya di wilayah Provinsi Papua Selatan dan Papua Pegunungan.

“Tentunya harapan kami dengan tersedianya berbagai rumah sakit di empat provinsi Papua akan lebih memudahkan masyarakat Papua untuk berobat. Tidak perlu untuk dirujuk ke rumah sakit lain yang berada di luar tanah Papua. Sehingga kesehatan masyarakat Papua akan terpenuhi,” katanya.

Langkah-langkah yang diambil Polda Papua ini mendapatkan dukungan dari Pemerintah Daerah dan Stakeholder lainnya terutama menyangkut pembebasan lahan pembangunan rumah sakit.

“Semoga cita-cita kita untuk mencerdaskan, menyejahterakan dan memberikan kesehatan kepada seluruh masyarakat di tanah Papua ini akan terwujud,” harapnya.

Dengan fasilitas dan peralatan yang modern pada RS Bhayangkara di Provinsi Papua Tengah ini, kiranya dapat menjadi rujukan bagi bagi anggota Polri dan keluarga besarnya serta masyarakat umum dalam mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik.

Advertisements

“Rumah sakit ini akan siap menjadi rumah sakit tanggap bencana apabila sewaktu-waktu kita butuhkan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah, khususnya kabupaten Mimika dan Provinsi Papua Tengah, Stakeholder dan bapak-ibu yang mendukung pelaksanaan pembangun Rumah Sakit Bhayangkara tingkat IV Mimika dari awal hingga akhir,” ucap Kapolda.

Turut hadir dalam peresmian ini perwakilan Pemprov Papua yakni Kepala Dinas Kesehatan, Silwanus Sumule dan Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Reynold R. Ubra.

penulis : Arifin Lolialang
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *