MTQ XII Mimika Resmi Ditutup, Dwi Cholifah: Peningkatan Pengetahuan Tak Boleh Berhenti

Foto bersama pada penutupan MTQ XII tahun 2024 Mimika
Foto bersama pada penutupan MTQ XII tahun 2024 Mimika

TIMIKA | Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XII tahun 2024 tingkat Kabupaten Mimika resmi ditutup oleh Ketua LPTQ Mimika, Dwi Cholifah, Minggu (3/3/2024) malam, di Gedung Serbaguna Masjid Agung Babussalam, Kabupaten Mimika, Papua Tangah.

MTQ XII Mimika yang diikuti 300 peserta dan berlangsung selama tiga hari ini, dilaksanakan di Masjid Babussalam, Jalan Ki Hajar Dewantara dan Masjid At Taqwa, Jalan Pattimura.

Dwi Cholifah mengungkapkan, suksesnya penyelenggaraan MTQ XII ini, proses peningkatan pengetahuan tak boleh berhenti, harus terus berjalan sehingga selalu relevan dengan perkembangan zaman.

“Generasi Qur’ani juga tidak hanya sekadar sanggup membaca Al Qur’an, tapi juga memahami kandungannya agar bisa mengimplementasikan dalam berbagai sendi-sendi kehidupan. Inilah salah
satu ciri dari SDM unggul sesuai dengan Al Qur’an,” katanya.

Di tahun ini, gelaran MTQ dan STQ
memasuki periode baru dan perkembangan, khususnya dalam penangangan sistem administrasinya yang telah menggunakan teknologi digital. Ini sejalan dengan program pemerintah, yakni smart city. Maka, pada MTQ tahun ini telah mengintegrasikan teknologi dalam pelaksanaannya.

“Mulai sistem pendaftaran yang terintegrasi dengan sistem seleksi berkas, pendaftaran, sistem penjurian, hingga sistem penilaian, semua didukung dengan teknologi digital yang bekerjasama dengan Munasid (Musabaqah Nasional Indonesia),” ungkapnya.

Dwi berharap perlombaan MTQ bukan hanya sekedar seni membaca Al Qur’an. “Jadikanlah Musabaqah Tilawah Qur’an sebagai momentum untuk kita kembali kepada Al Qur’an. Saya juga berharap para pemenang dapat terus mengembangkan hafalannya,” harap Dwi.

Sementara Sekretaris LPTQ Mimika, Abdul Syakir mengatakan, pelaksanaan perlombaan MTQ di dua lokasi berjalan lancar hingga selesai.

“Alhamdulilah LPTQ Mimika terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, diwujudkan dengan mendapatkan juara kedua pada Seleksi Tilawatil Qur’an dan Al Hadist (STQH) Nasional XXVII di Kota Jambi, dan pada lomba MTQ tahun ini, sangat antusias dengan 300 peserta yang mendaftar,” kata Syakir saat membacakan laporan panitia.

Penutupan MTQ tahun 2024 ini juga diisi dengan hiburan dari Grup Qasidah Hizbi, para Qori pria terbaik MTQ XII, dan tarian adat dari Kerukunan Maluku Utara hingga Tari Melayu dari pelajar SMP Cordova Timika.

penulis : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *