Pangdam Cenderawasih: Pilot Mark Baik-Baik Saja, Bajunya Rapi, Hanya Mukanya Jenuh

Pangdam XVII/Cendrawasih, Mayjen TNI Isak Pangemanan (Foto: Musa)
Pangdam XVII/Cendrawasih, Mayjen TNI Isak Pangemanan (Foto: Musa/Seputarpapua)

JAYAPURA | Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Isak Pangemanan, mengatakan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang masih disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) hingga kini baik-baik saja

Mukanya cerah, bajunya selalu rapi hanya mukanya yang jenuh. Hal itu disampaikan Pandgam disela-sela Coffe Morning dengan pers di Jayapura, Kamis (20/7/2023).

Menurutnya, dari informasi yang mereka dapatkan melalui laman video maupun foto yang digunggah oleh KKB, kondisi Pilot masih dalam keadaan sehat.

Advertisements

“Pilot baik baik saja, kan kita lihat di foto, mukanya cerah bajunya rapi terus, hanya muka jenuh, dan bosan saja tinggal dihutan,” kata Izak Pangemanan, di Jayapura.

Sehingga, lanjut dia, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan kondisi Pilot yang disandera KKB itu.

Bahkan nenurut Izak, KKB tampak menjaga Pilot dengan baik. Sehingga kondisinyapun selama bersama KKB terjamin aman.

“Tidak ada yang masalah dengan kondisi pilot, Egianus juga menjamin keselamatan pilot,” ujarnya.

Dia mengatakan, aparat TNI-Polri terus melakukan upaya penyelamatan dengan berbagai langkah mereka bangun.

Salah satunya berupaya dengan membangun dialog bersma semua pihak. Agar pembebasan Pilot ini tidak menyebar kepada masalah lain sebab permaslahan di Papua ini cukup kompleks, sehingga perlu adanya kehati hatian dalam membebaskan pilot Susi Air ini.

Lanjut dia, karena fokus utama Aparat TNI-Polri bagaimana mereka dapat membebaskan Pilot, sehingga dia bisa kembali kekeluarganya dalam keadaan sehat.

Advertisements

Upaya pemyelamatan ini pun, kata dia, pihaknya mengedepankan pemerintah daerah.

“Pencarian Pilot Susi Air, kami tetap mengedepankan pemerintah daerah setempat, sehingga tidak menggangu terhadap aktivitas masyarakat disana,” katanya.

Advertisements

Dia berharap agar KKB, segera membebaskan Pilot Susi Air, sebab penyandaran Pilot tidak akan merubah konsistensi negara untuk mempertahankan kedaulatannya.

Ia menilai penyanderaan Pilot tidak akan merugikan pihak manapun. Dan negarapun tidak akan mungkin melepaskan Papua dari Bingkai NKRI.

“Kita berharap Pilot segera kembali ke keluarganya dan bisa kembali bekerja,” tambah dia.

penulis : Musa
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *