Pemprov Papua Tengah Kirim Bantuan Bencana Alam di Puncak Jaya dan Intan Jaya

Pemprov Papua Tengah kirim bantuan tanggap darurat bencana alam di Kabupaten Puncak Jaya dan Intan Jaya (Foto: Humas Pemprov Papua Tengah)
Pemprov Papua Tengah kirim bantuan tanggap darurat bencana alam di Kabupaten Puncak Jaya dan Intan Jaya (Foto: Humas Pemprov Papua Tengah)

NABIRE | Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Tengah merespons cepat bencana alam yang terjadi di Kabupaten Puncak Jaya dan Intan Jaya. Pada hari ini, Kamis (8/2/2024), Pemerintah Provinsi mengirimkan bantuan tanggap darurat berupa bahan makanan sebanyak 4 ton.

Bantuan dikirim menggunakan pesawat, dengan masing-masing kabupaten 2 flight penerbangan.

Penjabat Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk mengungkapkan bencana alam yang terjadi di Kabupaten Puncak Jaya dan Intan Jaya mengakibatkan akses jalan tranportasi rusak parah. Sebab itu, ia telah memerintahkan 3 pejabat dilingkungan Pemprov Papua Tengah untuk turun langsung melihat kondisi di 2 kabupaten tersebut.

Advertisements

“3 pimpinan SKPD saat ini telah berada di Puncak Jaya dan Intan Jaya, untuk turun langsung ke lokasi bencana. Lalu saya juga mengintruksikan dinas terkait untuk mengirim 4 ton makanan seperti, beras, gula, susu, bubuk teh dan bahan makanan lainya, guna memenuhi kebutuhan masyarakat,” terangnya.

“Kami berusaha memberikan bantuan bahan makanan secepat mungkin, apalagi akses kesana hanya bisa dilalu menggunakan pesawat. Diharapkan ini mampu memberikan bantuan yang siginifikan bagi masyarakat yang terdampak,” katanya.

Ia juga mengharapkan agar akses pelayanan publik di daerah tersebut tetap berjalan dengan baik.

“Saya sudah minta agar dinas teknis berkoordinasi ke pemerintah kabupaten untuk memperoleh informasi yang lengkap imbas bencana alam ini. Harapannya, kita bersama-sama mencari solusi untuk mengatasinya,” tutupnya.

Bantuan bahan makanan itu diserahkan langsung ke masing-masing kabupaten. Lalu bahan makanan itu nantinya akan dibagikan ke masyarakat yang terdampak akibat bencana alam tersebut.

Bencana alam banjir bandang sebelumnya terjadi di Distrik Gurage, Kabupaten Puncak Jaya, Sabtu (3/2/2024). Akibatnya 1 jembatan hanyut terbawa arus dan akses jalan terputus antara Distrik Kalome-Tinggi Nambut-Kota Mulia.

Sementara bencana alam longsor di Kampung Wandoga dan Yokatapa, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, mengakibatkan kebun dan ternak mereka hanyut terbawa longsor.

Advertisements
penulis : Christian Degei
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *