Penerbangan ke Paro, Lokasi Pilot Philip Disandera Masih Ditutup, Susi Air Kembali Aktif

Ilustrasi
Ilustrasi

TIMIKA | Penerbangan ke wilayah Distrik Paro Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan hingga Jumat (28/4/2023) masih ditutup.

Penerbangan ke Distrik Paro dihentikan pasca pilot susu air capt. Philip M sandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya 7 Februari 2023.

Pilot susi tersebut sampai hari ini juga masih menjadi tawanan Egianus Kogoya dan anak buahnya.

Advertisements

Kepala UPBU Mozes Kilangin Mimika Asep Soekarjo mengatakan, meski ke Distrik Paro masih ditutup, penerbangan ke Kenyam di Kabupaten Nudga sudah kembali dibuka.

“Ke Nduga itu hanya ke Kenyam, dan itu sudah terbang, kalau Paro belum sampai sekarang,” katanya saat ditemui di kantornya, Jumat (28/4/2023).

Sementara untuk penerbangan Susi Air, Asep mengaku sudah sebulan kembali beroperasi usai beberapa waktu lalu sempat menghentikan penerbangannya ke pegunungan Papua setelah salah seorang pilotnya disandera.

“Udah sebulan lebih jalan,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya untuk penerbangan ke wilayah Puncak khususnya Beoga juga telah aktif.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Puncak Willem Wandik saat ditemui wartawan di bandara kargo UPBU Mozes Kilangin Mimika Kamis 27 April 2023 kemarin.

Willem mengaku bersyukur karena aktivitas penerbangan bisa kembali aktif karena koordinasi yang baik dari berbagai pihak.

Advertisements

“Ini adalah kerja keras dari Kapolres, Dandim, jajarannya dan masyarakat yang ada di Puncak dengan melakukan negosiasi dengan semua pihak,” ungkapnya kepada wartawan di Bandara Mozes Kilangin Timika, Kamis.

“Akhirnya hari ini, pesawat bisa masuk dan mulai membawa barang-barang kebutuhan pokok,” sambungnya.

Advertisements

Di Distrik Beoga, kata Bupati Willem, soal keamanan harus selalu berkoordinasi antara Pemerintah dengan TNI-Polri.

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *