Pengurus Kriket Papua Dilantik, Azis: Harus Munculkan Atlet di Kejuaraan Internasional

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
WAWANCARA | Azis Syamsuddin saat diwawancarai wartawan. (Foto: Vidi)
WAWANCARA | Azis Syamsuddin saat diwawancarai wartawan. (Foto: Vidi)

JAYAPURA | Ketua Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PCI) Azis Syamsuddin, meminta kepengurusan Kriket Papua bisa mengorbitkan atlet-atlet Papua pasca berakhirnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 untuk dipersiapkan masuk timnas pada kejuaraan-kejuaraan Internasional.

Hal ini disampaikan setelah melantik kepengurusan Kriket Papua periode 2021-2025 beberapa waktu lalu.

“Saya sudah minta kepada Pak Bahar (Ketua PCI Papua) untuk tetap konsentrasi mencari atlet, bagaimana melakukan kejuaraan-kejuaraan daerah, karena dengan Kejurda bisa melahirkan bibit untuk kita seleksi di tim nasional,” kata Azis, Sabtu (3/04/2021).

Selain itu, kedepan akan ada kejuaraan-kejuaraan Internasional setiap tahunnya di Papua, karena berkaca venue kriket yang telah di bangun telah berstandar Internasional, bahkan terbaik di Indonesia.

Oleh sebab itu, diperlukan juga dukungan pemerintah daerah dalam mewujudkan kejuaraan bergengsi karena Papua memiliki banyak atlet potensial dan berbakat.

“Saya berkomitmen untuk dibuat setiap tahun, seperti kalau di Bali ada Bali Cup dan Kartini Cup, nanti di sini (Papua) akan kita buat Cenderawasih Cup. Dan pemda, baik pemerintah eksekutif dan leglisiatif untuk bersama-sama mendorong penggunan lapangan hoki, sepakbola, dan cricket agar dilakukan kejurda-kejurda untuk mencari atlet-atlet,” ungkapnya.

Ditambahkan dalam mempersiapkan para atlet, direncanakan di bulan Juni sebelum PON akan dilakukan test event agar para atlet bisa beradaptasi dari venue kriket yang berada di kawasan AURI, Sentani Kabupaten Jayapura.

“Saya juga mohon dukungan kepada seluruh masyarakat kota dan kabupaten di Papua bahwa dengan olahraga, di dalam tubuh yang sehat ada pemikiran-pemikiran yang sehat untuk memajukan Papua menuju Indonesia maju,” tuturnya.

Berita Terkait
Baca Juga