Persipani Paniai dan Waanal Brothers FC Bersaing dengan 80 tim di Liga 3 Nasional

Ilustrasi: Logo Liga 3
Ilustrasi: Logo Liga 3

JAYAPURA | Dua tim asal Papua Tengah, Persipani Paniai dan Waanal Brothers FC akan bersaing dengan 80 tim pada Kompetisi Liga 3 putaran nasional yang akan berlangsung dari tanggal 29 April hingga 8 Mei 2024. Drawing untuk gelaran ini sudah dilakukan pada Selasa, 26 Maret 2024 di Jakarta.

Pada musim ini, seluruh tim dibagi ke dalam 16 grup. Adapun tuan rumah adalah Persikota Tangerang, Persipasi Kota Bekasi, Persika 1951 Karawang, Persikas Subang, Dejan FC, Persigar Garut, PSGC Ciamis, Persip Pekalongan, Persiku Kudus, PSDB Demak, Persiba Bantul, HW UMY, Persibo Bojonegoro, Persekabpas Pasuruan, Persedikab dan NZR Sumbersari.

Waanal Brothers FC yang bermarkas di Kabupaten Mimika sukses menjuarai kompetisi Liga 3 Zona Papua tahun 2023, setelah meraih poin tertinggi pada klasemen akhir dengan 23 poin. Hasil ini diperoleh dari sembilan kali pertandingan dengan meraih tujuh kemenangan dan dua hasil seri.

Sedangkan Persipani Paniai lebih dulu lolos ke putaran nasional dengan status juara Liga 3 Papua musim 2022. Persipani kala itu mengantongi 14 poin dengan empat kali kemenangan dan dua hasil imbang, tanpa kalah.

Dalam putaran nasional, setiap grup akan diisi oleh lima tim dengan format home tournament setengah kompetisi. Juara dan runner up grup lolos ke babak 32 besar.

Babak 32 besar berlangsung tanggal 11 hingga 16 Mei 2024 dan dibagi ke dalam delapan grup yang diisi oleh empat tim, dengan menggunakan sistem home tournament setengah kompetisi. Juara dan runner up grup berhak lolos ke babak 16 besar.

Babak 16 besar akan berlangsung dari tanggal 19 sampai 24 Mei 2024, masih dengan format kompetisi yang sama (home tournament setengah kompetisi, dimana juara dan runner up lolos ke babak berikutnya, babak delapan besar), kemudian untuk babak delapan besar, format kompetisinya masih sama seperti di babak sebelumnya dan berlangsung tanggal 27 Mei sampai 1 Juni 2024.

Babak semifinal akan berlangsung tanggal 4 Juni 2024 dengan sistem knock out-single match, pemenang pertandingan akan lolos ke final. Laga final akan berlangsung tanggal 7 Juni 2024.

Persipani Paniai berada digrup F, bersama PSAB Aceh Besar, Persikasi Bekasi, Persigar Garut, dan Pasuruan United. Sedangkan Waanal Brothers FC berada di grup H bersama PSBL Langsa, ASIOP, Persip Pekalongan, dan PSN Ngada.

penulis : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *