Pertamina Lakukan Sidak Pemeriksaan Alat Tera di Enam SPBU di Timika

Pemeriksaan tera oleh Pertamina di SPBU di Mimika (Foto: Pertamina)

TIMIKA | Pertamina Timika mengaku telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) uji alat ukur (tera) pada enam SPBU di Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Sales Branch Manager Pertamina, Patra Niaga Rayon II Papua Tengah, Vifki Leondo menjelaskan, sidak tera ini dilakukan pada pekan lalu, sejak adanya temuan alat tambahan di salah satu SPBU di Karawang, Jawa Barat oleh Menteri Perdagangan.

“Kami sudah lakukan sidak akhir pekan kemarin di enam SPBU dan tidak ada temuan,” kata Vifki melalui telepon, Senin (25/3/2024).

Selain sidak ini, Pertamina juga rutin melakukan tera setiap bulan di setiap SPBU. Ada juga pemeriksaan tera yang dilakukan setiap satu tahun sekali oleh UPTD meteorologi.

“Kita Pertamina lakukan setiap bulan cuma tidak terbitkan sertifikat,” katanya.

Sebelumnya beredar video Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan tengah melakukan pemeriksaan di salah satu SPBU di Kabupaten Karawangan dan ditemukan alat tambahan di dalam mesin pompa yang bisa mengurangi jumlah bahan bakar yang diisi ke kendaraan.

Dalam video itu, Zulkifli juga mengimbau kepada SPBU untuk tidak bermain curang, menambah alat yang bisa merugikan konsumen karena itu pidana.

“Kita akan cek semua SPBU di seluruh Indonesia,” katanya.

penulis : Anya Fatma
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *