Pesan Netralitas Dalam Peringatan HUT TNI di Asmat

HUT TNI Asmat
Pelaksanaan upacaraa HUT TNI di Distrik AGats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan, Kamis (5/10/2023) (Foto Elgo Wohel/Seputarpapua)

ASMAT | Pelaksanaan HUT TNI ke-78 di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan, berjalan hikmat tanpa adanya gangguan. Dalam momen tersebut, TNI menegaskan netralitasnya dalam menyongsong pesta demokrasi nasional di 2024.

Berlangsung di Lapangan Miseum Asmat, Kamis (5/10/2023) pagi, Pabung Kodim 1707/Merauke/Asmat Mayor Inf Hermanus Kopong bertindak selaku Inspektur Upacara dan Letda Inf Raden Andika sebagai Komandan Upacara .

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Asmat Elisa Kambu, Ketua PKK Orpa Susana Kambuaya Kambu, Sekda Asmat Absalom Amiyaram, Kapolres Asmat AKBP Agus Hariadi, Para perwira TNI dan Polri,Pimpinan OPD, serta Tokoh Masyarakat Tokoh Agama.

Hermanus Kopong yang membacakan amanat Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyampikan, TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun. Berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik.

Untuk itu, momentum ulang tahun ke-78 TNI, harus kita jadikan sebagai bahan introspeksi untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional, modern, dan tangguh.

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”, yang mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Dimana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah yaitu pada 38 Provinsi, 415 Kabupaten dan 98 Kotamadya, kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan.

Untuk menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa. TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk.

Hal tersebut akan terus dilaksanakan dalam rangka menjaga kesinambungan, sesuai dengan kemampuan negara, TNI harus terus melakukan adopsi, inovasi dan rekayasa teknologi mutakhir, Memberdayakan industri pertahanan global dengan memegang teguh semangat kemandirian melalui penguatan industri pertahanan dalam negeri, guna tercapainya postur TNI yang diharapkan.

Sementara itu Bupati Asmat Elisa Kambu mengatakan,kepada para prajurit TNI agar dapat mendedikasikan dirinya untuk mengabdi kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Saya mengingatkan kita semua, bahwa di tahun 2023 dan awal tahun 2024 bangsa kita akan melaksanakan pemilihan umum Nasional DPR RI,DPR Provinsi,DPD dan Presiden dan Wakil Presiden pada bulan februari tahun 2024″ kata Elisa Kambu.

“Saya berharap, TNI tetap menjaga netralitas berdiri di tengah tengah untuk memastikan bahwa pemilu berlangsung secara bebas aman tertip dan sukses,” harapnya.

penulis : Elgo Wohel
editor : Wan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *