Pimpinan OPD di Mimika Belajar Manajemen Risiko

Pimpinan OPD mengikuti sosialisasi manajemen risiko di Hotel Horison Ultima Timika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Mimika, Papua Tengah mengikuti sosialisasi manajemen risiko yang diadakan Inspektorat Mimika di Hotel Horison Ultima, Timika, Selasa (2/4/2024).

Ketua Panitia Sosialisasi, Primus Lesomar mengatakan, sosialisasi bertujuan memberikan arahan kepada pimpinan OPD agar disaat merencakan program kegiatan OPD sudah harus mempertimbangkan risiko yang akan terjadi.

Ia menyebut, salah satu risiko yang dimaksud dalam program kegiatan ialah risiko kemungkinan korupsi. “Jadi ini supaya nanti kegiatan bisa jalan tanpa ada penyimpangan atau pelanggaran hukum,” katanya.

Primus menambahkan, sosialisasi ini mendatangkan tiga pemateri dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Papua.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Mimika, Willem Naa mengatakan, manajemen risiko dapat dimasukkan dalam perencanaan manajemen dimana perencanaan kegiatan secara sempurna harus memasukkan unsur risiko guna menjawab dan mengantisipasi kemungkinan yang merugikan organisasi di kemudian hari.

Manajemen risiko adalah proses pembuatan dan pelaksanaan keputusan untuk keputusan yang lebih konsisten dalam pencapaian tujuan dan mengurangi dampak merugikan pada suatu kejadian bagi organisasi.

Tujuan dari manajemen risiko ialah untuk menjamin suatu organisasi dapat memahami, mengukur, serta memonitor berbagai macam risiko yang terjadi dan juga memastikan kebijakan-kebijakan yang telah dibuat.

“Ini juga berfungsi untuk melakukan pengawalan bagi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran organisasi selanjutnya,” katanya.

Untuk itu, Willem menambahkan, perlu adanya dukungan dalam menyusun kebijakan dan pedoman manajemen risiko sesuai dengan kondisi organisasi.

Secara umum fungsi manajemen risiko digunakan sebagai dasar dalam memprediksi bahaya atau hal yang tidak menyenangkan yang akan dihadapi, dengan perhitungan yang cermat, serta pertimbangan yang matang dari berbagai informasi diawal untuk mengindari hal-hal yang tidak diinginkan.

penulis : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *