Pj Bupati Mimika: Saya Hanya Rapikan APBD Perubahan, Hutang Pengusaha OAP Segara Dibayar

Pj Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito saat ditemui wartawan di Hotel Horison Ultima Mimika pada Jumat (14/7/203). (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua)
Pj Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua)

TIMIKA | Penjabat (Pj) Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito mengatakan dirinya hanya berperan merapikan apa yang akan dituangkan dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan dan APBD tahun 2024.

Pj Bupati mengatakan ia hanya berusaha melihat dan merapikan apa yang telah disusun dan direncanakan oleh Bupati dan Wakil Bupati Mimika sesuai dengan visi dan misi mereka.

“Kita kan punya visi misi dari kepala daerah terdahulu, ini kepala daerah belum berakhir Pak Omaleng, Pak John Rettob, disaat kondisi seperti itu tugas saya cuma melihat yang mana bisa kita rapikan, itu kita rapikan,” ungkapnya saat ditemui wartawan di Hotel Horison Ultima Mimika, Jumat (14/7/2023).

Kemudian terkait penyusunan APBD 2024, Pj Bupati mengatakan dirinya belum berfikir sejauh itu.

“Saya belum melangkah kesana (APBD 2024) kenapa? Karena kita berharap pimpinan di sini (Mimika) pak Omaleng dan John Rettob bisa selesai juga dengan permasalahan yang ada saat ini, sehingga beliau (berdua) bisa kembali menjalankan tugas,” tegasnya.

Pj Bupati menegaskan dirinya hanya datang dan bertugas untuk membantu mengisi posisi yang sementara kosong karena kondisi di daerah.

“Kita saat ini berupaya menyelesaikan hutang yang ada, dalam waktu dekat kita kemarin sudah rapat, kita akan menyelesaikan hutang dengan pengusaha Orang Asli Papua (OAP) dan itu bisa mendahului perubahan, saya juga sudah koordinasi dengan Ditjen Keuangan Daerah dan disampaikan juga itu bisa mendahului perubahan,” paparnya.

Selain tentang pembayaran hutang, Pj Bupati menyebut saat ini Pemkab juga tengah berupaya menyelesaikan program pembangunan di tahun 2023.

“Misalnya multiyears (tahun jamak) itu kalau kita bisa selesaikan di tahun 2023, kita selesaikan 2023 ini, sehingga siapapun (pemimpin) di tahun 2024 bisa melaksanakan pembangunan yang pure (murni) langsung ke masyarakat,” tegasnya.

Penulis: Fachruddin Aji

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *