Pj Sekda: Pemkab Mimika Siapkan Lahan untuk Penguburan Babi

Pj Sekda Mimika Ida Wahyuni saat ditemui wartawan di Pendopo Rumah Negara Mimika, Kamis (1/2/2024). (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua)
Pj Sekda Mimika Ida Wahyuni saat ditemui wartawan di Pendopo Rumah Negara Mimika, Kamis (1/2/2024). (Foto: Anya Fatma/seputarpapua)

TIMIKA | Penjabat (Pj) Sekda Mimika Ida Wahyuni mengungkapkan pemerintah akan menyiapkan lahan khusus untuk penguburan babi yang mati akibat Virus African Swine Fever (ASF).

Hal itu disampaikan Ida saat ditemui wartawan di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Jumat (2/2/2024).

Ida menuturkan, saat ini dirinya masih berkoordinasi dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Mimika untuk menyiapkan dimana lokasi tepat untuk penguburan.

“Kita masih menyiapkan lokasinya dimana supaya jangan sampai menimbulkan masalah baru lagi,” ungakpnya.

Ida menyebut lokasi harus aman agar dapat memutus rantai penyebaran virus ASF di Mimika.

“Pemkab (Mimika) ada lahan, tapi kita perlu koordinasi, akan disiapkan (lahan) itu,” tegasnya.

Laporan terbaru yang dirilis Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupayen Mimika, pada Kamis 1 Februari 2024 angka kematian ternak babi sudah mencapai 362 ekor.

Dalam rangka memutus rantai penyebaran ASF, pihak Disnakkeswan juga melakukan penutupan sementara tempat penjualan daging di Pasar Sentral, dimulai pada Rabu lalu.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *