Polda Papua dan Atase Kepolisian Selandia Baru Duduk Bersama Bahas Upaya Penyelamatan Pilot Susi Air

Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens disandara KKB pimpinan Egianus Kogoya. (Foto: Ist)
Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens disandara KKB pimpinan Egianus Kogoya. (Foto: Ist)

TIMIKA | Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri bersama sejumlah pejabat Polda Papua menerima kunjungan Atase Kepolisian Selandia Baru (New Zealand), Rabu (15/2/2023), di Mako Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Papua, Mimika, Papua Tengah.

Pertemuan yang dilakukan secara tertutup itu membahasĀ  upaya penyelamatan yang dilakukan Polri dan TNI dalam hal terhadap pilot Susi Air Phillip Mark Mehrtens yang kini disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya.

Kapolda Papua usai pertemuan mengatakan, kedatangan Atase Kepolisian Selandia Baru hanya ingin berkoordinasi guna mengetahui langkah apa saja yang dilakukan Polri dalam upaya penyelamatan pilot Susi Air yang merupakan warga berkebangsaan Selandia Baru tersebut.

Dijelaskan Kapolda bahwa pertemuan ini juga merupakan kerjasama antara pemerintah kedua negara dalam hal ini ‘police to police’ yang selalu dijaga dan dimotori oleh Intelkam Mabes Polri.

“Mereka datang minta bagaimana gambaran penanganan yang dilakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia yang dalam hal ini Polda Papua. Ini yang kita jelaskan,” lanjut Kapolda.

Kepada Atase Kepolisian Selandia Baru Kapolda menyampaikan pihaknya mengedepankan upaya negosiasi yang kini tengah dilakukan. Upaya itu melibatkan Pemerintah Kabupaten Nduga, tokoh masyarakat, tokoh agama dan juga masyarakat Nduga.

“Ini yang tadi kita diskusi, kita bicarakan dan menyampaikan kepada teman-teman dari Selandia Baru karena hubungan police to police tadi,” ujarnya.

Terkait ada dan tidaknya dukungan yang disampaikan oleh perwakilan Selandia Baru, Kapolda menyampaikan bahwa sejauh ini Polri yang diback up TNI berupaya semaksimal mungkin untuk menyelamatkan pilot Susi Air.

“Dari awal Polri berupaya semaksimal mungkin untuk bisa menyelamatkan pilot. Kita tidak lihat dia warga negara asing, tapi kita lihat dia warga yang ada di tanah ini,” kata Kapolda.

Hingga kini upaya penyelamatan pilot Susi Air masih terus dilakukan. Pemerintah Kabupaten Nduga bersama seluruh komponen yang ada di Nduga berupaya negosiasi dengan Egianus Kogoya untuk bagaimana caranya bisa mengembalikan pilot yang disandera.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *